Makanan Dan Minuman Yang Wajib Dihindari Penderita Asam Lambung

Asam lambung, atau refluks, adalah penyakit yang terjadi ketika asam lambung atau empedu mengalir ke saluran pencernaan dan mengiritasi dinding bagian dalam.

Makanya, ada beberapa makanan yang harus dihindari penderita acid reflux agar tidak kambuh dan melakukan diet secara teratur.

Berikut tujuh kelompok makanan yang harus dihindari penderita asam lambung, dikutip dari Healthline:

1. Makanan tinggi lemak

Makanan berlemak tinggi seperti gorengan bisa menyebabkan refluks. Selain itu, diet tinggi lemak menyebabkan kerusakan sfingter esofagus bagian bawah (LES) atau loop otot esofagus bagian bawah.

Kerongkongan yang tidak berfungsi atau berfungsi dengan baik dapat menyebabkan asam lambung naik dari perut kembali ke kerongkongan.

Maka makan berlebihan gorengan atau jenis makanan tinggi lemak lainnya bisa menghambat pengosongan lambung.

BACA JUGA  Manfaat Tempe, Cegah Kanker Payudara Hingga Tekan Risiko Diabetes

Menghindari gorengan saja tidak cukup. Beberapa makanan tinggi lemak berikut ini juga harus dihindari, di antaranya:

  • Produk susu berlemak seperti mentega, susu murni, keju, dan krim asam.
  • Produk sampingan dari daging sapi, babi atau domba berlemak.
  • Lemak bacon, lemak ham dan lemak babi.
  • Makan santan

2. Buah Sitrus

Jeruk keprok segar dengan latar belakang putih. Jeruk dan buah jeruk lainnya sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung.

Kelompok jeruk yang mengandung nutrisi esensial dan penting untuk asupan makanan ternyata dapat menyebabkan gejala refluks, terutama pada buah yang sangat asam.

BACA JUGA  Tujuh Khasiat Dan Manfaat Kesehatan Dari Penggunaan Kulit Lemon

Jika Anda sering mengalami refluks asam, sebaiknya kurangi atau hentikan asupan buah-buahan berikut ini:

  • jeruk
  • nanas
  • tomat
  • cabai

3. Cokelat

Cokelat sebenarnya mengandung bahan yang disebut methylxanthine. Methylxanthine dalam coklat dapat melemahkan otot pengontrol asam lambung di kerongkongan sehingga menyebabkan refluks.

Jika Anda makan cokelat dalam batas yang wajar, dampaknya mungkin tidak banyak. Tapi Anda tidak boleh berlebihan hingga menyebabkan sakit perut.

4. Bawang dan makanan pedas

Sambel Colo colo, Sambel Plencing, Workshop Sambel matahs Sambel, diselenggarakan oleh Restaurant Kaum Jakarta, 20 Maret 2018.
Makanan selanjutnya yang menyebabkan lonjakan asam lambung adalah bawang putih, bawang merah, dan makanan dengan rasa pedas yang tajam.

BACA JUGA  Putih Telur Dapat Tingkatkan Imunitas Penderita Penyakit Penyerta

Pada sebagian orang, mengonsumsi makanan yang kental dan pedas dapat menyebabkan sakit perut, mulas, atau efek terbakar pada perut. Jika Anda mengalami reaksi mulas, itu pertanda asam lambung mulai meningkat.

5. Kafein

Banyak penderita maag mengeluhkan peningkatan asam lambung setelah mengonsumsi minuman berkafein. Minuman kafein seperti kopi, teh, dan soda tidak hanya dihindari, tetapi juga bersifat asam, sehingga dapat meningkatkan asam lambung dan maag.

6. Daun mint

Kandungan daun mint dalam makanan atau minuman seringkali menyegarkan. Namun, daun mint sebenarnya cukup sensitif untuk perut. Padahal, penderita GERD tidak disarankan mengonsumsi daun mint.

BACA JUGA  Cobain 5 Jenis Makanan Berikut Ini Untuk Atasi Masalah Kolesterol Anda

Reaksi daun mint saat dikonsumsi oleh penderita GERD adalah memisahkan kerongkongan dari lambung, sehingga aliran balik asam lambung ke kerongkongan lebih berbahaya.

Leave a Comment