Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Ampas Teh Bagi Kesehatan dan Lingkungan

Bagi Anda yang senang minum teh celup di rumah, jangan langsung membuang sampahnya.

Residu teh memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan serta dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga lainnya.

Dikutip dari Southernliving, Rabu (27 Januari 2021), khasiat residu tar sebenarnya menyerupai kulit jeruk. Kandungan yang terdapat pada daun teh dapat menyembuhkan mata lelah, menyehatkan rambut, dan masih banyak lagi.

Daftar isi

Daripada penasaran, yuk kita intip manfaat residu Tar yang perlu Anda ketahui!

1. Lindungi tanaman

Tak banyak yang tahu kalau sisa teh ternyata bermanfaat melindungi kebun dari serangan jamur. Caranya cukup sederhana. Cukup rebus kembali kantong teh, dinginkan air rebusan sebentar, lalu tuangkan ke dalam pot bunga.

2. Menetralkan bau tak sedap

Daun teh yang dikeringkan juga dapat menetralkan bau tak sedap yang sering ditemukan di sudut rumah, dapur, atau tempat lembap lainnya. Anda juga bisa menghilangkan bau apek di karpet dengan meletakkan beberapa kantong teh kering di atasnya. Setelah itu bersihkan.

BACA JUGA  Konsumsi Sayuran Brokoli Dan Kubis Bisa Kurangi Resiko Jantung

3. Menyembuhkan gigitan serangga dan sengatan sengatan matahari

Manfaat lain dari sisa teh yang harus Anda ketahui. Benda ini juga efektif menyembuhkan sengatan serangga dan sengatan matahari. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengompres luka dengan kantong teh yang dicelupkan ke dalam air dingin.

4. Rambut sehat dan terawat

Apakah rambut Anda sering rontok? Tidak perlu berinvestasi dalam-dalam. Cukup celupkan tiga atau empat kantong teh bekas ke dalam air hangat dan tuangkan air ke kulit kepala Anda. Jangan bilas. Lakukan cara ini setelah Anda selesai keramas.

BACA JUGA  Manfaat Kesehatan Gula Merah, Cegah Asma hingga Melindungi Kulit

5. Menyembuhkan mata yang lelah

Apa kamu punya mata panda? Ada cara yang sangat ampuh untuk menyembuhkannya. Anda bisa meletakkan kantong teh bekas dingin di atas mata. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Leave a Comment