Heboh Ledakan Keras Guncang Riyadh Ibu Kota Arab Saudi

Ledakan hebat mengguncang Riyadh, Arab Saudi pada Selasa (26 Januari 2020). Kali ini ledakan tersebut terjadi tiga hari setelah kerajaan mencegat proyektil yang muncul dan berusaha menghantamnya di langit Riyadh.

Seorang koresponden AFP melaporkan bahwa ledakan pada pukul 1 siang waktu setempat mengguncang jendela di sebuah gedung di Riyadh.

Media sosial juga dihebohkan dengan pemberitaan warga yang mengaku mendengar dua ledakan.

Hal yang sama dilaporkan oleh Reuters. Beberapa saksi mendengar dua suara keras dan melihat awan asap di ibu kota pada siang hari.

BACA JUGA  Arab Saudi Akan Jadi Tuan Rumah KTT G20 Secara Virtual

Stasiun televisi Saudi Al-Arabiya juga melaporkan. Pemimpin redaksi Mohammed Khalid Alyahya mengatakan ada ledakan keras yang bahkan mengguncang rumah.

“Seorang teman di Riyadh yang berbicara kepada saya melalui telepon mengatakan rumah diplomatiknya bergetar,” katanya dalam tweet di Twitter.

Tidak ada korban atau cedera dari ledakan yang dilaporkan hingga saat ini. Masih belum ada pernyataan resmi dari agensi Saudi.

Di sisi lain, kelompok pemberontak Houthi tidak bertanggung jawab atas ledakan tersebut.

BACA JUGA  Pilot F-16 Turki Dihukum Penjara 648 Tahun Karena Terlibat Aksi Kudeta

Pasukan Houthi yang berorientasi kepada Iran di Yaman telah melakukan banyak serangan lintas batas terhadap Saudi menggunakan drone dan rudal.

Ini telah terjadi sejak koalisi pimpinan Arab Saudi melakukan intervensi di Yaman pada awal 2015.

Serangan rudal dan drone oleh pasukan Houthi menargetkan bandara sipil dan infrastruktur minyak di Arab Saudi dan terkadang mencapai Riyadh.

Pada hari Sabtu, koalisi militer pimpinan Arab Saudi di Yaman mengumumkan telah mencegat dan menghancurkan “target udara musuh” yang ditembakkan ke arah Riyadh. Tapi Houthi membantah bertanggung jawab.

BACA JUGA  Saudi Akan Terima Jamaah Ibadah Umrah Bertahap Mulai 4 Oktober

Sementara itu, muncul kelompok tak dikenal, Alwiya Alwaad Alhaq. Kelompok itu mengklaim serangan akhir pekan lalu.

Leave a Comment