Cobain 5 Jenis Makanan Berikut Ini Untuk Atasi Masalah Kolesterol Anda

Kolesterol normal merupakan zat esensial bagi tubuh. Namun, bila ada kelebihan kolesterol dalam tubuh Anda, itu akan mengendap di dinding bagian dalam pembuluh darah, mengurangi dan membatasi aliran darah. Faktanya, ini meningkatkan risiko serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Seperti diketahui, ada dua jenis kolesterol, yaitu LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik). Kadar kolesterol LDL yang tinggi meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan penyakit jantung lainnya.

Seperti dilansir dari Boldsky, berikut beberapa makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

1. Almond

Almond mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung dan serat yang membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Kacang ini adalah camilan yang enak dan bisa ditambahkan ke salad atau oatmeal.

Baca juga: Makanan Yang Mampu Menurunkan Kadar Asam Lambung

2. Kedelai

Orang dengan kolesterol tinggi dapat menambahkan kedelai ke dalam makanannya karena kedelai tinggi protein nabati. Selain kedelai, buah ini juga mengandung lemak tak jenuh ganda, vitamin, mineral, dan serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

BACA JUGA  Ragam Manfaat Ubi Dan Cara Mengolahnya Untuk Diet

3. Bawang putih

Ekstrak bawang putih dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan LDL. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih secara teratur setiap hari selama dua bulan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca juga: Konsumsi Sayuran Brokoli Dan Kubis Bisa Kurangi Resiko Jantung

4. Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin B kompleks, vitamin K dan berbagai mineral. Buah ini juga mengandung sterol dengan khasiat penurun kolesterol. Anda bisa menambahkan setengah buah alpukat ke dalam salad atau langsung mengonsumsi buahnya.

BACA JUGA  Berikut Ini 5 Cara Mudah Dan Sederhana Menghilangkan Plak Gigi

5. Bayam

Bayam mengandung lutein, zat yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan ini juga membantu mencegah serangan jantung dengan membantu dinding arteri membersihkan kolesterol jahat yang menyebabkan penyumbatan.

Leave a Comment