5 Drama Korea Terbaik Dengan Rating Tinggi

Banyak drama Korea yang menarik untuk ditonton, namun hanya sedikit yang berhasil mendapatkan rating tertinggi.

Korea memiliki dua juara televisi kabel yang memproduksi drama Korea berperingkat teratas, yaitu JTBC dan tvN.

Di tahun 2020, kedua TV kabel Korea ini menarik banyak minat penonton dengan drama mereka, Itaewon Class, The World of the Married, Crash Landing on You dan lain sebagainya.

Sehubungan dengan Korea Times, jarang terjadi dalam beberapa tahun terakhir bahwa serial drama yang disiarkan di jaringan televisi nasional mencapai peringkat atau pemirsa yang tinggi.

Kalaupun industri film Korea juga terkena dampak Covid-19, tawaran drama berkualitas tinggi bisa dinikmati secara internasional.

Berikut adalah Lima drama Korea berperingkat tinggi.

1. Penthouse: War in Life (2020)

Penthouse adalah drama yang disutradarai oleh Kim Soon-ok yang dikenal karena karyanya yang sensasional dengan cerita.

BACA JUGA  Kim Nam Gil Pertimbangkan Bintangi Island, Akan Susul Seo Ye Ji

Drama ini bercerita tentang kelas atas yang tinggal di apartemen mewah dengan 100 lantai. Penghuni apartemen memiliki banyak rahasia dan ambisi.

Ceritanya berfokus pada tiga karakter utama, yaitu Shim Su-ryeon (Lee Ji-ah), Cheon Seo-jin (Kim So-yeon), dan Oh Yoon-hee (Eugene).

Shim Soo-ryeon adalah keturunan konglomerat yang bertingkah laku seperti ratu di penthouse. Ia menikah dengan Joo Dan-tae (Uhm Ki-joon), seorang pengusaha real estate.

Keduanya adalah tetangga dengan pasangan ambisius bernama Cheon Seo-jin (Kim So-yeon) dan Ha Yoon-cheol (Yoon Jong-hoon).

BACA JUGA  UAS Dikabarkan akan Nikahi Gadis 20 Tahun Asal Jombang

Berbeda dengan warga lainnya, Oh Yoon-hee (Eugene) justru berasal dari keluarga miskin. Tapi dia bertekad untuk melakukan segala kemungkinan untuk menjadi Ratu Penthouse untuk anak-anaknya.

The Penthouse adalah drama yang ratingnya terus meningkat setiap minggunya sejak ditayangkan pada tanggal 26 Oktober.

Mengacu pada Nielsen Korea, drama SBS ini menutup episode terakhir season pertamanya dengan penayangan nasional 28,8 persen.

2. The World of The Married (2020)

Drama 2020 dengan total 16 episode ini dipentaskan oleh Mo Wan-Il dengan Joo Hyun sebagai penulis alur ceritanya. Disiarkan di perusahaan TV kabel Korea JTBC dengan pemutaran perdana pada 27 Maret 2020 dan berakhir pada 16 Mei 2020.

BACA JUGA  Jung So Min & Kim Ji Suk Akan Berakting Dalam Drama Romantis JTBC

Drama ini banyak diperdebatkan karena plotnya yang menceritakan tentang kehidupan rumah tangga dan perselingkuhan.

Cerita berpusat pada Ji Sun Woo (Kim Hee Ae), seorang dokter yang telah menikah dengan Lee Tae Oh (Park Hae Joon) selama belasan tahun.

Kehidupan pernikahan mereka yang semula indah hancur begitu saja setelah perselingkuhan Lee Tae Oh dengan mitra bisnisnya ditemukan oleh istrinya Ji Sun Woo.

Berdasarkan data Nielsen Korea, drama The World of Married mendapat rating 28,37 persen. Sampai saat ini, The World of The Married masih menjadi drama Korea berperingkat teratas.

BACA JUGA  Ha Sung Woon Akan Merilis Mini Album Barunya Bulan Depan

3. Sky Castle (2018)

Setahun sebelum JTBC merilis The World of The Married, TV kabel ini merilis sebuah drama yang cukup terkenal dan menarik banyak perhatian.

Sky Castle disutradarai oleh Jo Hyun, bukan dengan Yoo Hyun Mi sebagai penulis cerita.

Drama 20 episode ini tayang perdana pada tahun 2018 dan berakhir pada tahun 2019. Sky Castle menceritakan tentang kehidupan 4 wanita yang tinggal di kawasan pemukiman mewah.

Keempat wanita tersebut memiliki obsesi materialistik yang sangat kuat dan bersaing untuk mendapatkan keluarga yang paling sukses.

BACA JUGA  Hobby Baru David Beckam, Beternak Lebah Selama Masa Pandemi

Perlahan, rahasia tergelap rumah tangga mereka, yang ternyata terkait, terungkap.

Drama ini awalnya menduduki peringkat pertama tetapi ditunda setelah The World Of The Married menerima peringkat yang lebih tinggi.

Nielsen Korea menemukan bahwa Sky Castle mendapat rating tertinggi dengan 23,78 persen. Meski sempat diragukan bisa bertahan di awal episode drama ini, namun ratingnya hanya 1,8 persen.

4. Crash Landing on You (2019)

Drama yang disutradarai oleh Lee Jung Hyo dan Park Ji Eun sebagai penulis cerita ini tayang perdana pada Desember 2019 dan berakhir pada Februari 2020.

BACA JUGA  Dong Jun Jalani Tes COVID-19, More Than Friends Tunda Episode Final

Drama 16 episode ini tayang di televisi kabel tvN. Bercerita tentang pasangan yang harus merahasiakan identitas kewarganegaraannya.

Suatu hari Yoon Se Ri (putra Ye Jin), pewaris konglomerat di Korea Selatan, mengalami kecelakaan paralayang, yang mengakibatkan Yoon Se-Ri melakukan pendaratan darurat di Korea Utara.

Di sana ia bertemu Ri Jeong Hyeok (Hyun Bin), seorang perwira militer Korea Utara.

Keduanya kemudian jatuh cinta meski ada perpecahan dan perselisihan di antara negara masing-masing. Crash Landing on You naik 21,6 persen, menurut Nielsen, peringkat Korea.

BACA JUGA  Lewat Puisi Cinta, Dul Jaelani Resmi Pacari Tissa Biani?

Kemenangan tersebut menempatkan Crash Landing di posisi ketiga.

5. Reply 1988 (2015)

Sutradara Shin Won Ho berhasil menghidupkan kembali drama populer yang tayang perdana tahun 2013 berjudul Reply 1994. Shin Won Ho bekerja sama dengan Lee Woo Jung untuk menulis cerita Reply pada tahun 1988.

Drama ini disiarkan oleh tvN dengan total 20 episode dan tayang perdana pada tahun 2015. Ini tentang persahabatan lima teman masa kecil yang tumbuh bersama di Ssangmundong, Seoul.

Sung Deok Sun (Lee Hye Ri), Sung Sun Woo (Go Kyung Pyo), Kim Jung Hwan (Ryu Joon Yeol), Choi Taek (Park Bo Gum), dan Ryu Dong Ryong (Lee Dong Hwi) adalah lima sahabat yang telah melalui masa muda yang penuh tantangan bersama.

Sung Deok Sun berusaha mendapatkan pengakuan keluarganya atas nilai akademisnya yang buruk. Kim Jung Hwan terobsesi menjadi pesepakbola, bahkan setelah keluarganya menjadi kaya dalam semalam.

Sung Sun Woo adalah siswa teladan yang diandalkan keluarganya, dan Ryu Dong Ryong adalah seorang remaja yang lebih mengenal wanita daripada teman-temannya, sementara Choi Tae putus sekolah untuk mengejar karir.

Drama era 80-an ini tidak menawarkan romantisme melodramatis yang umumnya menjadi ciri khas drama Korea. Drama ini hanya bercerita tentang orang biasa yang tinggal di lingkungan yang sama dan menunjukkan persahabatan, cinta dan keluarga.

Nielsen Korea menilai drama Reply pada tahun 1988 dengan 18,8 persen, menjadikannya drama terbaik keempat sepanjang masa. Drama ini dinominasikan untuk 8 dan memenangkan penghargaan untuk Sutradara Terbaik dan Aktor Baru Terbaik di Baeksang Arts Awards ke-52.

Leave a Comment