Perbedaan Samsung Galaxy Buds Pro, Buds Live, dan Buds+

Samsung merilis Galaxy Buds Pro bersama dengan Galaxy S21 Series 5G dan menjadi earphone true wireless stereo (TWS) Samsung yang paling canggih.

Apa bedanya dengan TWS Samsung sebelumnya?

Sebelum Galaxy Buds Pro, Samsung sudah memiliki beberapa headphone TWS seperti Galaxy Buds + dan Galaxy Buds Live. Mari kita lihat perbedaannya:

1. Desain

Dari segi desain, Galaxy Buds Pro lebih mirip dengan Galaxy Buds + dibanding Galaxy Buds Live yang terlihat seperti kacang.

BACA JUGA  Spesifikasi dan Harga Galaxy S21, S21+, dan S21 Ultra Di Indonesia

Galaxy Buds Pro dan Buds + juga menggunakan penyumbat telinga silikon, tetapi Buds Live tidak.

Penggunaan penyumbat telinga silikon juga memberikan isolasi suara yang lebih baik dari luar dibandingkan dengan Buds Live yang desainnya semi terbuka.

Ditambah dengan Active Noise Cancellation, Galaxy Buds Pro dapat dengan aman mengisolasi penggunanya dari berbagai kebisingan luar.

Galaxy Buds Pro juga memiliki sertifikasi IPX7 yang ditingkatkan dari sertifikasi IPX2 menjadi Buds +. Artinya TWS bisa digunakan untuk olah raga atau aktivitas outdoor tanpa takut rusak akibat keringat atau air hujan.

BACA JUGA  Perbandingan Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A52 Vs Galaxy A51

Meski mirip, Galaxy Buds Pro memiliki perbedaan desain dari Buds +, yakni adanya silikon fin di Buds + yang menyambungkan headphone ke rongga telinga.

Kedua case juga berbeda, jika case Buds + berbentuk oval, maka Galaxy Buds Pro memiliki case persegi. Mirip dengan case Buds Live.

Galaxy Buds Pro memiliki tiga warna yaitu Phantom Black, Phantom Silver, dan Phantom Violet. Sesuai dengan warna Galaxy S21 Series 5G.

2. Data teknis

Jika Buds + dan Buds Live menggunakan satu driver (speaker di headphone), Galaxy Buds Pro akan memiliki dua driver, driver frekuensi rendah 11mm (juga dikenal sebagai bass) dan driver 6,5mm untuk frekuensi tinggi.

BACA JUGA  Realme 7 Pro Akan Segera Dirilis Ke Indonesia 14 Oktober

Penggunaan kedua driver tersebut menurut Samsung menghasilkan suara yang lebih seimbang dan respon frekuensi yang lebih luas. Maka kualitas suaranya akan lebih baik.

Dalam hal perangkat lunak, ada juga teknologi untuk meningkatkan kualitas suara. Seperti audio 360 dengan Dolby Head Tracking yang memungkinkan pengguna menjadi pusat perhatian.

Perlu dicatat bahwa teknologi ini hanya berfungsi jika digabungkan dengan ponsel atau tablet Samsung.

3. Noise cancellation

Galaxy Buds + tidak dilengkapi dengan peredam bising aktif, hanya peredam bising pasif. Kemudian Buds Live memiliki peredam bising, namun tetap berpegang pada desain semi terbuka, yang berarti peredaman suaranya kurang optimal.

BACA JUGA  Tips Dan Trik Hemat Baterai HP Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Nah, Galaxy Buds Pro merupakan kombinasi keduanya. Memiliki peredam bising pasif dan juga peredam bising aktif. Galaxy Buds Pro lebih unggul dari kedua saudaranya sehingga memungkinkan untuk menghilangkan kebisingan eksternal.

Ada juga fitur mode ambient yang digunakan headphone ini agar pengguna bisa mendengar suara bising dari luar. Misalnya saat seseorang sedang berbicara dengan pengguna. Fungsi ini dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna.

Kemudian Intelligent Active Noise Control adalah fungsi yang dapat mengenali suara pengguna. Saat headphone mendeteksi bahwa pengguna sedang berbicara, volume lagu yang sedang diputar secara otomatis berkurang dan secara otomatis dinaikkan lagi saat pengguna tidak lagi berbicara.

BACA JUGA  Fitur Mirroring Ponsel Android Pada Windows 10 Dari Microsoft

4. Baterai

Samsung mengklaim bahwa baterai Galaxy Buds Pro dapat bertahan selama lima jam dan case dapat menambah daya tahan baterai 13 jam atau 20 jam jika Anda tidak mengaktifkan ANC.

Sementara baterai headphone Buds Live dapat bertahan selama enam jam, case dapat menambah 20 jam. Tapi yang bertahan paling lama adalah Buds +, di mana headphone bertahan 11 jam, dan case bertambah 11 jam, alias total 22 jam.

5. Fungsi lainnya

BACA JUGA  Oppo Enco W1 Dirilis, TWS Dengan Peredam Bising Harga Terjangkau

Koneksi Bluetooth yang didukung adalah Bluetooth 5, sedangkan codecnya adalah AAC, SBC dan Samsung Scalable Codec (SSC), yang terakhir tentu saja hanya kompatibel dengan perangkat Samsung.

Fitur baru dari Galaxy Buds Pro adalah Auto Switch yang memungkinkan pengguna untuk beralih antar perangkat (Samsung) dengan mulus.

Misalnya, pengguna mendengarkan musik dengan Galaxy Tab S7 Plus, kemudian panggilan masuk di Galaxy S21, headphone secara otomatis beralih ke ponsel, dan saat panggilan selesai, Anda kembali ke tablet.

BACA JUGA  ASUS VivoBook Ultra 14 K413 Baru Dirilis Dengan 3 Pilihan Warna
Kata Kunci Popularapa bedanya buds live dan buds pro,beda buds,beda galaxy buds live dan galaxy buds pro

Leave a Comment