DPR Akan Putuskan Komjen Pol Listyo Sigit sebagai Kapolri Hari Ini

Komisi III DPR RI baru saja memulai uji kelayakan calon individu Kapolri yang diseleksi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Setelah Listyo memperdalam orientasi politiknya, Komisi III DPR akan segera mengambil keputusan hari ini.

Hal itu sejalan dengan laporan yang dibacakan Ketua Komite III DPR Herman Hery sebagai bagian dari kepatutan dan kelayakan calon Kapolri.
A. Calon Kapolri menyampaikan arah kebijakan Kapolri
B. Dialog dan tanya jawab;
C. Penandatanganan surat pernyataan yang dibuat oleh Komisi III dan disampaikan kepada kami,
D. Pandangan fraksi-fraksi untuk pengambilan keputusan persetujuan atau penolakan terhadap calon Kapolri yang dikirimkan presiden,” kata pria yang akrab disapa HH itu saat memulai rapat di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

BACA JUGA  Ratusan Karangan Bunga Ungkapan Dukungan Kepada Pangdam Jaya

Herman mengatakan, Cakapolri diberi waktu maksimal 60 menit untuk menyamakan arah politik. Hak mengajukan pertanyaan diajukan oleh perwakilan dari kelompok politik dengan waktu paling lama 5 menit yang tata cara ditetapkan oleh ketua rapat.

“Jawabannya langsung diberikan oleh sepertiga fraksi. Ada 9 fraksi yang akan kita pecah per 3 cluster, satu, dua dan tiga,” terangnya.

Kemudian, sambung politisi PDI Perjuangan itu, Cakapolri menandatangani surat pernyataan yang sudah disiapkan dan membacakan surat yang ditandatangani, baru Cakapolri bisa meninggalkan tempat itu.

BACA JUGA  Jokowi Akan Terima Draf UU Omnibus Law Dari DPR Hari Ini

“Komisi III sedang membahas persetujuan atau penolakan. Masing-masing kelompok politik sudah mengutarakan pandangannya terhadap usulan pemberhentian Kapolri Idham Azis dan pengangkatan Listyo Sigit.

Jika keputusan tidak diambil, aklamasi akan dilobi melalui forum, dan kalau lobby tidak bisa dihubungi maka akan dilakukan voting tertutup, ”kata HH.

Leave a Comment