Simak 7 Faktor yang Membuat Honda Brio Jadi Mobil Terlaris 2020

PT Honda Prospect Motor menutup tahun 2020 dengan sukses besar. Saat itu Honda Brio menjadi mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan 43.021 unit. Bagaimana itu bisa terjadi?

Pasar terbesar di Indonesia adalah MPV. Maka tak heran jika puluhan MPV seperti Toyota Avanza telah melampaui penjualan otomotif sepanjang tahun.

Namun, tahun 2020 berubah ketika City Car 2020 Honda Brio menjadi model dengan penjualan tertinggi di antara semua merek di Indonesia.

Selain menjadi best seller, Honda Brio berkontribusi hingga 54% terhadap seluruh penjualan mobil Honda di tahun 2020 yang mencapai 79.451 unit.

BACA JUGA  Mengulik Teknologi Canggih Dan Mesin L Twin Ducati Scrambler 1100

Sebanyak 43.021 unit Honda Brio dikontribusikan oleh Honda Brio Satya (31.713 unit) dan Honda Brio RS (11.308 unit).

Pada akhir tahun 2020, Honda Brio Satya juga akan menjadi pemimpin pasar di segmen LCGC dengan pangsa pasar 27,2%. Honda Brio RS menguasai 74,7% pangsa pasar di segmen city car.

Yusak Billy, direktur inovasi bisnis serta pemasaran dan penjualan, mengatakan performa Honda Brio sebagai mobil terlaris merupakan pencapaian yang membanggakan karena dua alasan.

BACA JUGA  Cara Sederhana Perawatan Jok Kulit Agar Tidak Kaku Dan Retak

“Pertama, karena Honda pertama kali meraih penjualan tertinggi di Indonesia. Kedua, karena performa ini diraih dalam posisi yang sangat menantang, yakni saat pandemi Covid-19,” kata Billy, panggilan akrabnya.

Menurut Billy, performa Honda Brio tersebut sejalan dengan perubahan perilaku konsumen di tengah pandemi. Apalagi terkait dengan peningkatan penggunaan media online dan pergeseran dari angkutan umum ke mobil pribadi.

Kedua faktor tersebut menjadi pendorong pertumbuhan pasar bagi pembeli mobil pertama kali, terutama di kalangan anak muda dan keluarga muda, kata Billy.

BACA JUGA  Efek Buruk Apabila Membiarkan Air Radiator Sering Kosong

Didesain sesuai kebutuhan konsumen Indonesia

Baca juga: Honda Brio Runtuhkan Dominasi Toyota Avanza Sebagai Mobil Terlaris

Saat pertama kali diluncurkan pada tahun 2012, Honda Brio memang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia. Indonesia merupakan “Leading Country” dalam pengembangan Honda Brio.

Berikut 7 faktor yang membuat konsumen Indonesia tergila-gila dengan city car Honda Brio:

1. Hemat bahan bakar

Dalam pengujian media, konsumsi bahan bakar Honda Brio Satya mencapai 30,1 km / liter. Jauh lebih irit daripada regulasi Low Cost Green Car / LCGC dengan kecepatan 20 km / l. Jelas nyaman untuk hari itu.

2. Desain sporty

Desain Honda Brio sangat mudah dimodifikasi. Kompetisi modifikasi Honda Brio selalu dipenuhi peminat. Berisi versi online dari Kontes Modifikasi Virtual Brio.

BACA JUGA  Honda Revo Resmi Diluncurkan Dengan Tampilan Warna Baru

3. Biaya layanan yang menguntungkan

Biaya servis untuk Honda Brio sangat rendah dan terjangkau. Pada 10.000 km, biaya yang harus dikeluarkan konsumen hanya 348.000 rupee. Sedangkan di 90 ribu km hanya Rp 866 ribu karena adanya jaminan servis yang diberikan Honda.

4. Standar keamanan yang tinggi

Di kelas City Car, fitur keselamatan Honda Brio tergolong lengkap. Berbasis ABS dengan EBD, sistem airbag i-SRS, teknologi G-CON, dan tensioner sabuk ACE dengan sabuk pengaman pembatas beban.

BACA JUGA  Pilihan Warna Dan Tampilan Baru Yamaha X-Ride 125

5. Fitur lanjutan

Honda Brio memiliki kabin yang cukup lega, ground clearance yang tinggi 165 mm dan mesin paling bertenaga di kelasnya. Mesinnya berkapasitas 1.200 ccm, 4 silinder, i-VTEC, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 89 hp pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm.

6. Asyik dikendarai

Sejak tahun 2014, Honda telah membuktikan dengan kompetisi One Make Race Honda Brio Speed ​​Challenge dan kompetisi Honda Brio Saturday Night Challenge Slalom bahwa mengendarai Honda Brio sangatlah menyenangkan.

BACA JUGA  Marquez Membantah Jika Motor Honda Dibangun Hanya Untuk Dirinya

7. Harga terjangkau

Honda Brio bukanlah yang termurah di kelas city car. Meski demikian, harganya masih cukup terjangkau. Harga Brio Satya mulai dari Rp 158 juta (tipe MT) dan Rp 175,5 juta (tipe CVT). Harga Brio RS Rp 188,5 juta (tipe MT) dan Rp 204 juta (tipe CVT).

Leave a Comment