Kontroversi Penolakan Vaksinasi, PDI P Rotasi Ribka TJiptaning

Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPR RI merotasi anggotanya. Ribka Tjiptaning hingga Ihsan Yunus beralih ke tugas awalnya.

Perpindahan Ribka Tjiptaning dan Ihsan Yunus itu tertuang dalam surat Fraksi PDIP DPR RI nomor 04 / F-PDIP / DPR-RI / I / 2021.

Surat ini ditandatangani oleh ketua fraksi PDIP DPR RI. Utut Adianto dan Sekretaris fraksi PDIP DPR RI, Bambang Wuryanto.

“Benar,” kata Bambang Wuryanto saat dikonfirmasi, Senin malam (18 Januari 2021).

Dalam daftar nama anggota yang diganti Fraski PDIP terdapat nama Ihsan Yunus dari Wakil Ketua Komisi VIII menjadi Anggota Komisi II Ribka Tjiptaning Ploretariyati dari Anggota Komisi IX menjadi Anggota Komisi VII dan Johan Budi Sapto Pribowo dari Anggota Komisi II sampai dengan Anggota Komisi III.

BACA JUGA  Ingat, Ini Jadwal Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat

Dua nama lainnya, yakni Gilang Dhielafararez dari Anggota Komisi VI menjadi Anggota Komisi III dan Marinus Gea dari Anggota Komisi III menjadi Anggota Komisi XI.

Anggota Fraksi PDIP DPR RI Hendrawan Supratikno menilai rotasi itu hal biasa. Rotasi adalah hal yang biasa dan untuk menyegarkan ide.

“Tidak perlu dibesar-besarkan. Tujuannya untuk keluar dari rutinitas dan mencari suasana baru. Sebelumnya saya dilimpahkan dari Komisi VI ke Komisi XI untuk meningkatkan indeks kesegaran gagasan,” kata Hendrawan Supratikno.

BACA JUGA  Menkopolhukam Persilahkan Uji Materi Omnibus Law Ke MK

Jawaban dari Ribka Tjiptaning

Setelah rotasi ini, Ribka berbicara. Ribka punya karakter berbicara tentang profesi dokternya yang kini menangani masalah minyak.

“Biasa saja, di mana saja bisa memperjuangkan orang. Lucu kan dokter urus minyak,” kata Ribka Tjiptaning saat dihubungi, Selasa (19/1).

Padahal, dia sudah menjadi anggota dewan kesehatan selama 17 tahun. “Saya sudah 17 tahun di Komisi VII dan 10 tahun di kepemimpinan Komisi IX,” ujarnya.

Ribka juga enggan memberikan alasan pemindahannya sebagai anggota Komisi VII DPR RI. Menurut dia, hal itu harus diwajibkan Pimpinan Fraksi PDIP (PDIP) DPR.

BACA JUGA  Mendagri Sarankan APD Dan Masker Jadi Alat Peraga Kampanye

“Tanya ketua fraksi yang memindahkan saya,” ujarnya.

Sebelum rotasi, Ribka Tjiptaning sempat menyatakan telah menolak vaksin COVID-19

Sebelum rotasi ini, Ribka Tjiptaning sempat melontarkan pernyataan kontroversial saat rapat di Komisi IX dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Ribka Tjiptaning mengaku menolak divaksinasi.

Ribka Tjiptaning kemudian menjelaskan kesaksiannya bahwa dirinya tidak mau divaksinasi. Ribka Tjiptaning mengaku pernah ditegur Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

“Kalau saya berdasarkan pengalaman ya. Waktu saya jadi ketua Komisi IX saya tulis. Makanya saya enggak kasih tahu wartawan sedikit-sedikit. Jadi orang salah persepsi.

BACA JUGA  Berikut Ini Daftar Nama Penerima Vaksin Covid-19 Sinovac Pagi Ini

Jadi cuma vaksin jiptaning itu saja. Menolak Sekarang saya partai yang berkuasa. Jadi Pak Hasto marah – marah pada diri saya sendiri. Tapi itu risikonya, ”kata Ribka Tjiptaning, Rabu (13/1) di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Ribka Tjiptaning mengatakan latar belakangnya sebagai dokter menjadi dasar keputusannya untuk memilih keluar dari vaksinasi COVID-19. Diakuinya, latar belakangnya tidak membuatnya mudah menerima apapun yang berhubungan dengan kesehatan.

“Saya seorang dokter, tentu saya sudah mengetahui dasar-dasar dokter dari segi kesehatan. Tentu sumpah dokter melindungi pasien, apalagi sekarang sebagai wakil rakyat, sebagai pelindung rakyat. Jadi dokter sebagai wakil rakyat,” kata Ribka.

BACA JUGA  Hari Ini Tarif Listrik PLN Non Subsidi Resmi Diturunkan

“Jadi tidak apa-apa kalau soal kesehatan saya tidak terima begitu saja,” lanjutnya.

Sebagai informasi, ruang lingkup dan mitra kerja Komisi VII yang menjadi tanggung jawab Ribka adalah Energi, Riset dan Teknologi. Mitranya adalah Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam, Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Tenaga Nuklir (BATAN), Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), Badan Informasi Geografis (BIG), Badan Pengatur Hilir Migas (BPH Migas), Kelompok Khusus Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Badan Dirgantara Nasional (Lapan), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ), Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Dewan Energi Nasional (DEN) dan Pusat Peragaan Sains dan Teknologi.

BACA JUGA  Mabes TNI Tak Pernah Perintahkan Copot Baliho Habib Rizieq

Leave a Comment