Beragam Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan Tubuh Anda

Buah belimbing disukai karena nilai gizi dan rasanya. Ya, buah ini memiliki rasa yang manis asam dan berbentuk seperti bintang. Banyak buah belimbing berwarna kekuningan dan dimakan bersama kulitnya. Buah ini juga sangat mudah didapat.

Buah ini tidak hanya memiliki rasa manis dan sedikit asam, buah ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang tidak boleh dianggap remeh.

Daftar isi

Berikut manfaat buah belimbing bagi kesehatan, seperti dilansir laman Boldsky.

1. Mencegah kanker

Para peneliti telah menemukan bahwa belimbing merupakan buah anti kanker yang manjur karena mengandung senyawa polifenol yang melawan efek mutagenik radikal bebas dan dapat mengeluarkannya dari tubuh untuk mencegah kanker hati. Selain itu, belimbing mengandung sejumlah serat yang membantu membersihkan usus besar sehingga mengurangi risiko kanker usus besar.

2. Meningkatkan kekebalan

Buah ini kaya akan vitamin C, yang membuatnya sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan dengan melawan batuk, demam, bisul, dan sakit tenggorokan secara efektif. Saat Anda menambahkan buah belimbing ke dalam smoothie saat sarapan, sistem kekebalan dan produksi sel darah putih Anda bekerja.

BACA JUGA  Ada 4 Manfaat Makan Telur Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Tahu

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Belimbing memiliki jumlah kalium dan natrium yang baik sehingga dapat membantu menjaga tekanan darah. Tekanan darah normal penting agar jantung berfungsi dengan baik, menjaga detak jantung teratur, dan menjaga aliran darah tetap sehat.

Baca juga: Manfaat Yang Terkandung Pada Buah Jeruk Untuk Kesehatan Kulit Wajah

4. Baik untuk menurunkan berat badan

Jika ingin menurunkan berat badan, konsumsilah buah belimbing karena buah ini hanya memiliki 31 kalori. Buah ini juga memiliki serat yang bisa mengisi perut dan mempercepat metabolisme sehingga bisa menurunkan berat badan.

BACA JUGA  Deretan Manfaat Herbal Daun Sirih bagi Kesehatan Tubuh Kita

5. Memperbaiki pencernaan

Buah belimbing merupakan buah yang berserat tinggi dimana senyawa ini sangat penting dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan anda. Serat dapat merangsang pergerakan feses melalui saluran pencernaan, yang membantu meredakan sembelit, kram, diare, dan gas. Selain itu, serat juga dapat meningkatkan penyerapan zat gizi dan ketersediaan hayati vitamin dan mineral penting lainnya.

6. Menyembuhkan masalah kulit

Buah belimbing memiliki sifat antimikroba dan anti inflamasi yang dapat membantu mencegah penyakit kulit seperti dermatitis dan eksim yang disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor seperti disfungsi sistem kekebalan tubuh, kulit kering, dan bakteri pada kulit. Semua itu bisa dicegah dengan mengonsumsi buah belimbing.

BACA JUGA  Manfaat Dan Khasiat Mengonsumsi Buah Pisang

Leave a Comment