Film Sobat Ambyar Tayang 14 Januari 2021, Dibintangi Didi Kempot

Film Sobat Ambyar yang ditunggu-tunggu akhirnya akan tayang perdana di Netflix pada Kamis, 14 Januari 2021. Film ini dibintangi dan diproduseri langsung oleh mendiang musisi legendaris Campursari Didik Prasetyo atau yang lebih dikenal dengan Didi Kempot.

Film yang termasuk genre drama, comedy dan romance ini mengisahkan perjalanan almarhum Didi Kempot yang meninggal dunia saat bekerja sejak 5 Mei 2020 hingga dikenal sebagai maestro Campursari.

Sutradara Bagus Bramanti mengatakan ide pembuatan film ini bermula pada 2019 saat hype seputar Sobat Ambyar mengemuka di media sosial. Saat itu, lagu Campursari karya Didi Kempot ternyata populer di kalangan anak muda.

BACA JUGA  Joaquin Phoenix Ditawari Bayaran Rp743 M untuk 2 Sekuel Joker

“Itu satu hal yang menurut saya sangat unik. Kok anak muda suka lagu-lagu lokal? Saya lihat di YouTube. Didi bilang hatinya hancur. Itu membuat saya berpikir bagaimana saya mendapatkannya. Film bisa tayang, “ujarnya saat jumpa pers virtual, Selasa 12 Januari 2021.

Charles Gozali yang juga sutradara film ini menyambut baik pemikiran tersebut. Selain itu, mereka melakukan FGD yang diikuti oleh 32 orang usia 18-55 tahun.

“Ada 4 cluster. Anak-anak sekolah, pelajar dan lain-lain. Ini fans Mas Didi. Kami mewawancarai mereka dan, dari cerita mereka yang kami rangkum menjadi tulang punggung penulisan skenario,” ujarnya.

BACA JUGA  "Cek Toko Sebelah: Babak Baru" Segera Tayang Desember di Netflix

“Kami mencoba untuk menentukan seperti apa film ini nantinya. Sejak awal kami menghormati keberadaan Mas Didi dan kawan-kawan ambyar untuk menangkap semangat mereka. Jadi kami dominan di Solo dari awal,” lanjut Bagus.

Charles Gozali melanjutkan, setelah Bagus membuat cerita dan konsep film Sobat Ambyar, ia merasa nyaman sebagai seorang sineas.

“Memang saat itu fenomena luar biasa Mas Didi yang memicunya. Semuanya terjadi begitu cepat. Baik itu proses, undangan kru, pencarian pemain, kurang dari dua bulan,” ujarnya.

BACA JUGA  NCT Berencana Rilis Album Terbaru Oktober Mendatang

Charles mengatakan jadwal Didi Kempot sangat padat saat itu sehingga Charles dan tim harus mengejar tujuan tersebut. Belum lagi, dua hari setelah syuting di Solo, Charles mengatakan Gunung Merapi pernah meletus dan Solo diselimuti asap Merapi.

“Kami bertemu Mas Didi untuk sesi foto dan materi promosi, dan dua atau tiga hari kemudian Solo dilarang karena pandemi. Mengutip teman kami, juru kamera Hani Pradigya, Ambyar adalah film ajaib,” kenang Charles Gozali.

BACA JUGA  Kim Nam Gil Pertimbangkan Bintangi Island, Akan Susul Seo Ye Ji

Selain mendiang Didi Kempot, beberapa pemain juga terlibat dalam film Sobat Ambyar, antara lain Bhisma Mulia, Denira Wiraguna, Erick Estrada, Fransisca Saraswati JKT 48, Asri Welas dan Mo Sidik.

Leave a Comment