Cek Syarat dan Caranya, Ibu Hamil dan Balita Bisa Dapat BLT Rp6 Juta

Program Keluarga Harapan (PKH) Bantuan Langsung Tunai (BLT) disediakan oleh pemerintah untuk ibu hamil dan balita. Rinciannya, BLT ibu hamil Rp3 juta dan BLT bayi usia 0 hingga 6 tahun Rp3 juta per tahun.

BLT didistribusikan kepada wanita hamil dan anak-anak dalam setahun. Periode pembayaran dilakukan empat kali dari Januari, April, Juli dan Oktober.

Menyikapi kebijakan tersebut, ada sebagian pengguna internet yang masih bingung bagaimana cara mendapatkan subsidi ini. Pasalnya, sosialisasi yang dilakukan Kementerian Sosial masih minim.

BACA JUGA  Kemenaker Transfer BLT Subsid Gaji Pekerja Hari Ini

“@KemensosRI benarkah ibu hamil dapat 6 juta BLT? Bagaimana cara mendapatkannya?” tulis akun Twitter @ andisr04455239.

“@KemensosRI Selamat pagi bapak ibu sekalian di Kemensos RI. Saya ingin menanyakan tentang syarat dan pendaftaran BLT untuk ibu hamil dan balita. Terima kasih,” tulis akun Twitter @ 3df9f57d1ca140f.

Nah, berikut syarat mendapatkan BLT bagi ibu hamil, Jakarta, Rabu, 13/1/2021.

1. Seperti prosedur bantuan lainnya, untuk mendapatkan dana bantuan tersebut ibu hamil wajib memiliki Kartu Perlindungan Sosial.

BACA JUGA  BKN Akan Berikan Info Via Whatsapp Jika Berkas CPNS Tidak Lengkap

2. Apabila belum memiliki KPS, Bunda bisa telebih mengajukan permohonan kepada RT/RW lalu disampaikan ke kelurahan. Nah, di sini akan diputuskan apakah Bunda berhak memperoleh KPS.

3. Apabila Bunda memang layak mendapatkan dana bantuan maka Kepala Desa akan melaporkan ke Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan.

4. Setelah prosedur tersebut terpenuhi, Bunda bisa menerima kartu PKH dan mengambil haknya sesuai ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah.

Setelah ibu hamil mendapat bantuan, ada aturan yang harus diikuti selama hamil yaitu ibu harus melakukan empat kali pemeriksaan kehamilan di fasilitas kesehatan, yaitu pada usia 0 sampai 3 bulan, pada usia 4 sampai 6 bulan, dan dua kali setelah 7 sampai 9 bulan.

BACA JUGA  14,7 Juta No Rekening Calon Penerima BLT Pekerja Yang Terdaftar BPJS

Selama pemeriksaan, Anda akan diberikan suplemen vitamin untuk menjaga kesehatan ibu dan kandungan. Saat ibu melahirkan, ia wajib mendapat pertolongan dari fasilitas kesehatan.

Selama masa nifas, ibu juga perlu melakukan pemeriksaan untuk pelayanan KB nifas. Setidaknya tiga kali pada minggu pertama, keempat dan keenam setelah melahirkan.

Leave a Comment