Syarat dan Cara Mudah Bayar Pajak Motor Tahunan Secara Online

Syarat pembayaran pajak tahunan sepeda motor perlu disiapkan jika ingin membayar pajak tahunan kendaraan roda dua.

Pajak tahunan dipungut untuk setiap kendaraan sesuai dengan masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Berbeda dengan pajak lima tahun, Anda tidak harus pergi langsung ke kantor pusat sistem manajemen satu atap (samsat) untuk membayar pajak sepeda motor tahunan.

Selain itu, pembayaran pajak sepeda motor tahunan dilakukan untuk memperpanjang STNK. Sementara itu, pajak lima tahun akan dipungut saat Anda membayar pajak tahun kelima, sehingga Anda akan mendapatkan STNK dan plat nomor baru.

BACA JUGA  Makna Angka 6 di Skuter Vespa Sei Giorni Yang Baru Rilis Di Indonesia

Untuk perpanjangan pajak satu tahun, hal ini dapat dilakukan di pos pajak mana saja di Indonesia, termasuk samsat keliling.

Samsat keliling merupakan layanan pembayaran pajak kendaraan tahunan dengan metode jemput bola atau mengunjungi wajib pajak yang jauh dari pusat samsat utama.

Lokasi samsat keliling juga bisa berubah jika perlu. Nantinya, jadwal Mobile Samsat akan dipublikasikan di media sosial.

Selain Samsat, Anda juga dapat membayar pajak sepeda motor tahunan secara online.

BACA JUGA  MG Gloster Penantang Terbaru Toyota Fortuner Dan Mitsubishi Pajero

Persyaratan pembayaran pajak sepeda motor tahunan

Agar prosesnya cepat, Anda perlu menyiapkan persyaratan dokumen berikut ini:

– BPKB beserta fotocopy 1 lembar
– KTP asli beserta fotocopy 1 lembar
– STNK 1 lembar beserta copynya

Jika BPKB belum di tangan, Anda bisa meminta surat keterangan leasing terlebih dulu sebagai bukti kepemilikan kendaraan.

Sebelum Anda dapat memproses pembayaran online, Anda perlu memastikan informasi berikut:

– Kendaraan terdaftar di daerah dan masuk ke dalam wilayah hukum daerah Polda.
– Memiliki rekening bank yang telah bekerja sama dengan Badan Pajak dan Retribusi Daerah.
– Pemilik kendaraan memiliki KTP elektronik (e-KTP) Nasional.
– Memiliki handphone berbasis sistem informasi Android atau ios
– Memiliki alamat email aktif

BACA JUGA  Spesifikasi Maserati MC20 Yang Akan Dipasarkan Di Indonesia 2021

Ada dua aplikasi yang bisa digunakan untuk membayar pajak tahunan secara online, yaitu Sambara (Samsat Mobile jawa barat).

Ini hanya bisa digunakan oleh warga Jawa Barat dan Samolnas ( Samsat Online Nasional). Keduanya digunakan untuk mendapatkan kode pembayaran untuk membayar pajak melalui ATM dan situs web e-commerce.

Aplikasi Sambara atau Samolnas dapat diunduh dari Google Play Store. Untuk Sambara, pilih Informasi PKB dan masukkan Nomor Polisi, Warna Plat, dan Pencarian. Kemudian informasi tentang jenis kendaraan dan besarnya faktur pajak keluaran.

BACA JUGA  SUV Murah Nissan Magnite Laris Manis, 5 Hari Laku Terjual 5.000 Unit

Tekan “Ya” untuk mendaftar secara online. Pengguna diminta memasukkan nomor KTP atau NPWP dan 5 digit terakhir nomor yang biasanya tertera di STNK dan BPKB. Jika detailnya cocok, kode pembayaran akan ditampilkan.

Anda dapat membayar pajak tahunan di ATM BJB, BNI, BCA, BRI, dan Mandiri. Bisa juga menggunakan internet banking untuk e-commerce.

Penerapan Samolnas sesuai dengan metode yang dijelaskan di atas. Masukkan data sesuai identitas. Masukkan nomor polisi kendaraan, KTP NIK, nomor rangka untuk lima digit terakhir dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

BACA JUGA  Hyundai Secara Resmi Telah Luncurkan Mobil Listrik Di indonesia

Hanya saja Samolnas mengirimkan peringatan, bukti pembayaran kewajiban pembayaran (TBPKP) dan stiker pengesahan STNK ke alamat yang tertera di STNK.

Jika sudah pindah, suka atau tidak suka, tergantung tempat tinggal kendaraan, Wajib Pajak harus mengecek langsung ke kantor Samsat untuk memungut TBPKP dengan ketentuan di atas.

Proses satu tahun pembayaran pajak sepeda motor sama seperti sebelumnya, menggunakan mobile banking atau melalui ATM. Untuk pembayaran melalui ATM, BNI, BRI, CIMB hingga perusahaan e-commerce lainnya.

BACA JUGA  Spesifikasi Nissan Terra Terbaru, Pesaing Pajero Sport Dan Fortuner

Leave a Comment