Apa Saja Aplikasi Pengganti WhatsApp Selain Signal danTelegram?

Berbagai aplikasi perpesanan seperti Signal dan Telegram kembali populer. Dampak WhatsApp memaksa pengguna untuk menyetujui kebijakan privasi baru.

Aplikasi Telegram menjadi topik populer di Twitter pada Jumat (8/1). Sebagian besar pengguna internet tweet untuk beralih dari aplikasi WhatsApp ke Telegram.

Selain itu, Elon Musk mengundang pengguna untuk menggunakan Signal melalui tweetnya minggu lalu (7/1). Hal ini menyebabkan peningkatan pengguna saat mengunduh Signal, yang didirikan oleh pendiri Whatsapp.

Berdasarkan laporan data Januari 2020, pengguna media sosial di Indonesia telah mencapai 160 juta pengguna. Jumlah ini meningkat 8,1 persen atau sekitar 12 juta pengguna sejak April 2019 hingga Januari 2020.

BACA JUGA  Layanan Yahoo Grup Akan Ditutup Desember 2020

Dari jumlah itu, 96 persen pengguna media sosial menggunakan aplikasi messenger dan jejaring sosial. Data per Januari 2020: 59 persen pengguna internet Indonesia sangat memperhatikan cara perusahaan menggunakan datanya.

Berikut beberapa aplikasi perpesanan yang dapat digunakan sebagai alternatif pengganti WhatsApp:

1. telegram

Telegram adalah aplikasi perpesanan lintas platform dari pengusaha Rusia Pavel Durov.

BACA JUGA  Yamaha Indonesia Meluncurkan Skutik All New Aerox 155 Connected

Aplikasi ini diluncurkan dengan sistem operasi Android pada tahun 2013 dan kini memiliki sekitar 200 juta pengguna.

Pengguna Telegram cenderung meningkatkan frekuensi skandal perlindungan data menghantam salah satu pesaingnya seperti WhatsApp.

Fungsi Telegram sama dengan aplikasi perpesanan lainnya. Dilengkapi dengan fitur untuk mengirim pesan, melakukan percakapan grup, melakukan panggilan tunai, mengirim file dan gambar, serta memiliki stiker.

Dalam meluncurkan Android Authority, Telegram seharusnya memprioritaskan fungsi privasi pengguna, yang memastikan bahwa data pengguna dienkripsi oleh pihaknya agar tidak diretas, baik oleh peretas individu maupun oleh pemerintah.

BACA JUGA  Harga Dan Spesifikasi Serta Jadwal Diluncurkannya iPhone 12 Mini

2. signal

Popularitas Signal kemungkinan akan meningkat setelah tweet dari Tesla dan CEO SpaceX Elon Musk. Dia menyarankan agar orang mulai menggunakan Signal.

Signal adalah aplikasi perpesanan dan obrolan suara gratis yang berfokus pada privasi. Sinyal tersebut dapat digunakan di Apple, smartphone Android dan melalui desktop.

Setiap orang hanya membutuhkan nomor telepon untuk mendaftar. Setelah bergabung, pengguna dapat mengirim pesan teks atau melakukan panggilan suara atau video dengan teman, baik secara individu atau kelompok, dan menggunakan emoji atau reaksi stiker seperti aplikasi lainnya.

BACA JUGA  Spesifikasi Samsung Galaxy S20 SE Pesaing Iphone 11 Pro

Seperti aplikasi perpesanan lainnya, Signal dianggap sangat pribadi. Tidak heran Signal adalah alat komunikasi pilihan bagi para aktivis, orang-orang di komunitas peretasan, dan orang lain yang peduli dengan privasi.

Dikatakan bahwa komunikasi melalui sinyal dienkripsi seluruhnya. Artinya hanya orang dalam pesan yang dapat melihat konten pesan tersebut, bahkan perusahaan tidak dapat melihatnya. Stiker di Signal juga diberi enkripsi khusus.

Signal dikatakan telah membuat protokol enkripsi yang digunakan oleh perusahaan lain seperti WhatsApp dan Skype.

BACA JUGA  Simak Spesifikasi Smartphone Gaming Lenovo Legion Duel

Selain dari konten yang dienkripsi, Signal sepenuhnya bersifat pribadi karena pengguna dapat memilih untuk menghilangkan pesan setelah beberapa waktu yang disesuaikan. Signal hampir tidak mengumpulkan data tentang penggunanya.

3. Wechat

Aplikasi WeChat merupakan aplikasi perpesanan instan yang dikembangkan oleh perusahaan berbasis teknologi, Tencent.

Fungsi utamanya hampir sama seperti di aplikasi perpesanan lainnya, mis. B. Mengirim teks, foto, suara, video, berbagi lokasi, dan membuat obrolan grup dengan 500 anggota.

Seiring waktu, WeChat berkembang menjadi aplikasi multifungsi. WeChat dapat bertindak sebagai dompet digital untuk pembelian online.

BACA JUGA  iPhone 12 Pro Max Vs Samsung Galaxy S21 Ultra, Siapa Lebih Unggul?

Selain itu, aplikasi berbahasa Mandarin ini didukung oleh beberapa institusi lain, mis. B. dari saluran berita dan fungsi game.

Berdasarkan data Statista, WeChat mendaftarkan 1,2 miliar pengguna pada akhir tahun 2020.

4. Hi App

Hi App adalah aplikasi olah pesan dengan berbagai fungsi seperti obrolan, pesan suara, dan panggilan video.

Aplikasi ini dibuat oleh PT Hello Kreasi Indonesia, perusahaan teknologi asli Indonesia yang didirikan pada tahun 2020.

Selain fungsi berita, pengguna juga bisa menggunakan fungsi terjemahan pesan.

BACA JUGA  Ketahui 6 Fungsi Istimewa Selot USB Type C Yang Ada di Ponsel Anda

5. Line

Line adalah aplikasi pesan instan yang dapat digunakan di smartphone dan PC. Seperti yang lainnya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan pengiriman pesan teks, gambar, video dan pesan suara.

Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan teknologi Jepang bernama NHN Corporation yang dirilis pada tahun 2011.

Akhir-akhir ini aplikasi ini mengalami berbagai macam perkembangan, misalnya B. menghapus pesan terkirim, berfungsi untuk membalas pesan seperti whatsapp dan perangkat dengan fungsi video call sampai dengan 200 orang.

BACA JUGA  Bocoran Spesifikasi Galaxy S21 Series Yang Akan Rilis Januari 2021

Line juga dilengkapi dengan mata uang untuk transaksi di aplikasi Line Pay.

Leave a Comment