Harga Naik, Ini 7 Sumber Protein Pengganti Tempe dan Tahu

Tahu dan tempe adalah dua makanan sumber protein yang semakin umum dan bermanfaat bagi kesehatan.

Apakah Anda seorang vegetarian atau tidak, tempe dan tahu bisa menjadi makanan bergizi untuk dimasukkan ke dalam menu makanan Anda.

Meskipun kedua makanan berbahan dasar kedelai ini menawarkan manfaat kesehatan yang serupa, keduanya berbeda dalam penampilan, rasa, dan profil nutrisinya.

Tempe dan tahu sama-sama bergizi. Tempe memberikan lebih banyak protein, serat, zat besi, dan kalium per porsi, sedangkan tahu memiliki lebih banyak kalsium dan lebih sedikit kalori.

BACA JUGA  Kelompok Prioritas Utama Yang Akan Mendapatkan Vaksin Covid-19

Tahu dan tempe tinggi isoflavon, yang dikaitkan dengan manfaat seperti pencegahan kanker dan peningkatan kesehatan jantung.

Tempe sangat kaya akan prebiotik, serat yang tidak dapat dicerna yang menutrisi bakteri sehat di usus. Selain itu, tahu dan tempe mudah disiapkan dan dapat digunakan dalam berbagai macam makanan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, selain tempe dan tahu, asupan proteinnya juga bisa tercukupi dari bahan makanan lain.

Berikut makanan berprotein tinggi yang dimaksudkan untuk menggantikan tahu dan tempe, seperti dilansir Health Line, Kamis (7/1).

1. Telur

Telur adalah sumber vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan untuk pelindung mata, dan semua nutrisi yang dibutuhkan otak. Telur mengandung protein tinggi, tetapi putih telur hampir merupakan protein murni. Telur mengandung 33% kalori, telur berukuran besar mengandung 6 gram protein dan 78 kalori.

2. Almond

Almond kaya akan nutrisi penting seperti serat, vitamin E, mangan, dan magnesium. Almond mengandung 15% kalori, 6 gram, dan 164 kalori per ons, atau 28 gram.

BACA JUGA  Stres Dimasa Pandemi Bisa Picu Alzheimer & Gangguan Kesehatan Otak

3. Dada Ayam

Dada ayam adalah salah satu makanan berprotein tinggi yang paling populer. Saat dimakan tanpa kulit, sebagian besar kalori berasal dari protein. Dada ayam juga sangat mudah dimasak dan serbaguna. Makanan ini mengandung 75% kalori. Dada ayam goreng tanpa kulit mengandung 53 gram dan hanya 284 kalori.

4. Susu

Susu adalah sumber protein berkualitas tinggi dan tinggi kalsium, fosfor, dan riboflavin (vitamin B2). Jika Anda mengkhawatirkan asupan lemak Anda, susu rendah lemak atau non-lemak bisa menjadi pilihan. Susu mengandung 21% kalori. Satu cangkir susu murni mengandung 8 gram protein dan 149 kalori. Satu cangkir susu kedelai mengandung 6,3 gram protein dan 105 kalori.

BACA JUGA  Sering Konsumsi Fast Food Berdampak Buruk Untuk Kesehatan Anda

5. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran sehat yang mengandung vitamin C, vitamin K, serat, dan kalium. Brokoli juga memberikan nutrisi bioaktif yang dapat membantu melindungi dari kanker. Brokoli tinggi protein dibandingkan kebanyakan sayuran. Brokoli mengandung 33% kalori. Satu cangkir atau 96 gram brokoli cincang mengandung 3 gram protein dan hanya 31 kalori.

6. Ikan tuna

Ikan tuna rendah lemak dan kalori, tetapi tinggi protein. Seperti ikan lainnya, tuna merupakan sumber berbagai nutrisi yang baik dan mengandung lemak omega-3. Tuna mengandung 84% kalori dalam tuna kalengan dalam air. Satu kaleng, atau 142 gram, mengandung 27 gram protein dan hanya 128 kalori.

BACA JUGA  Manfaat Yang Perlu Anda Ketahui Dari Berkumur Dengan Air Garam

7. Udang

Udang adalah salah satu jenis makanan laut. Udang rendah kalori tetapi kaya akan berbagai nutrisi, termasuk selenium dan vitamin B12. Seperti ikan, udang mengandung asam lemak omega-3. Udang mengandung 97% kalori. Satu porsi 3 ons atau 85 gram mengandung 20 gram dan hanya 84 kalori.

Leave a Comment