Makna Logo HUT RI Ke 75 Yang Menuai Kontroversi

Agustus adalah bulan istimewa bagi bangsa Indonesia.
Bulan ini merupakan peringatan kemerdekaan atau hari jadi Republik Indonesia (HUT RI) yang dilaksanakan dengan perjuangan keras.
Namun, Agustus ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.
Publik dikejutkan dengan logo HUT RI ke-75 yang dituding menyerupai lambang salib. Memang, ada protes atas kemiripan tersebut.
Memang, di balik kemeriahan itu ada makna yang dalam di balik logo Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75.
Makna tersebut tertuang dalam pedoman identitas visual yang diterbitkan oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) melalui situs resmi kemhan.go.id.
Dengan tema Indonesia Maju, logo Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75, setiap garis, lekukan dan bentuk memiliki tujuan. Berikut penjelasannya.

1. Bagian atas Gambar 7
Bagian atas angka 7 yang merupakan garis lurus menandakan persamaan untuk kesejahteraan yang sama dan keadilan yang sama bagi seluruh rakyat Indonesia.

2. Nomor bagian tubuh 7
Badan dengan angka 7 pada logo HUT RI ini tidak lurus, melainkan melambangkan perkembangan kerja yang dinamis untuk hasil yang optimal tanpa menjadi lurus dan kaku.

3. Nomor bagian tubuh 5
Bagian ini terlihat seperti lingkaran yang hampir sempurna yang mewakili kemajuan nyata yang terus menerus, dengan tujuan yang selalu ditingkatkan dan dikejar.

4. Ikon perisai
Terinspirasi dari lambang perisai di Garuda Pancasila, bagian ini melambangkan persatuan bangsa Indonesia. Dengan maksud agar Indonesia sebagai negara yang mampu melindungi dan mengawal bangsa serta memperkuat kedaulatan, persatuan dan kesatuan.
Tidak hanya itu, logo ini juga dipahat menjadi grafik besar yang terdiri dari 10 elemen dari dekonstruksi 75 logo.

Artinya fokus, kemajuan, global, adil, solid, progresif, efisien, timbal balik, kerjasama maritim dan berkembang.
Meski terbagi menjadi 10 bagian, supergrafik  ini sebenarnya melambangkan pengabdian dan nilai-nilai luhur Pancasila. Penggunaannya fleksibel sesuai kebutuhan.
Namun, aplikasi supergrafik inilah yang menimbulkan sensasi. Rangkaian elemen dengan penataan tertentu membuatnya tampak seperti salib.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *