Abu Bakar Baasyir Bebas Murni Hari Ini, Dikawal Ketat Densus Dan BNPT

Terpidana terorisme Abu Bakar Baasyir resmi bebas hari ini, Jumat 8 Januari 2020. Dia dibebaskan dari Penjara Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tempat dia ditahan.

Pembebasan Abu Bakar Baasyir (ABB) usai menjalani hukuman penjara 15 tahun menyusul divonis pada 2011. Namun, ABB terus didampingi pihak terkait.

“Yang bersangkutan akan didampingi BNPT, Densus 88 dan Dinsos. Nanti akan ada pengawalan dulu,” kata Abdul Aris, Kadivpas Kemenkumham Kanwil Jawa Barat, Senin lalu.

BACA JUGA  Makna Logo HUT RI Ke 75 Yang Menuai Kontroversi

Abu Bakar Baasyir ditahan di sel isolasi di Penjara Gunung Sindur selama sisa penahanannya. Keluarga saat ini tidak ingin banyak orang untuk penyambutan. Mengingat saat ini masih pandemi COVID-19 dan Baasyir juga berusia di atas 80 tahun.

Anak laki-laki Baasyir, Abdul Rahim Baasyir, mengatakan keluarga tidak mau ada penyambutan saat Baasyir keluar. Karena bisa melakukan banyak hal. Ia mengatakan, hal itu justru merugikan banyak orang. Begitu juga di rumah. Keluarga tidak ingin terlalu banyak orang datang dan mengunjungi mereka.

BACA JUGA  RUU Minuman Beralkohol, Sanksi Denda Puluhan Juta Hingga Penjara

“Bahaya juga kalau ketemu banyak orang, salaman dan lain sebagainya. Kalau ada yang berkunjung ke rumah nanti kita batasi, yang artinya benar-benar ada larangan ,” ujarnya.

Dalam kasus yang menyeretnya ke balik jeruji besi, hakim mengadili Abu Bakar Baasyir yang divonis melakukan tindak pidana terorisme melalui latihan militer di Bukit Jalin Jantho, Aceh.

hakim juga menilai ada bukti Baasyir berencana berlatih militer dengan Dulmatin. Keduanya membahas rencana tersebut pada Februari 2009 di dekat pondok pesantren Al Mukmin Ngruki di Solo, Jawa Tengah.

BACA JUGA  Wakil Ketua KPK Nyatakan Alasan Banyak Pegawai Yang Mundur

Leave a Comment