Cara Mengolah Dan Konsumsi Jahe untuk Lawan Batuk dan Pilek

Dengan dimulainya musim hujan, muncul risiko penyakit dan kekebalan yang menurun. Ada peningkatan kerentanan terhadap infeksi dan penyakit dan menjadi penting bagi setiap orang untuk melindungi diri mereka sendiri.

Udara dingin dapat melemahkan sistem kekebalan Anda. Pada saat-saat seperti itu, cobalah beberapa pengobatan rumahan untuk meningkatkan kekebalan dan melawan infeksi seperti flu biasa dan batuk.

Meskipun ada banyak pengobatan rumahan untuk menyembuhkan batuk dan pilek, yang paling efektif tidak diragukan lagi adalah jahe.

BACA JUGA  Tujuh Khasiat Dan Manfaat Kesehatan Dari Penggunaan Kulit Lemon

Jahe adalah akar tanaman yang disebut Zingiber officinale. Jahe adalah bahan yang umum digunakan di setiap rumah tangga India dan memiliki beberapa khasiat obat.

Untuk orang yang menderita penyakit pernapasan umum seperti batuk dan pilek, jahe membantu mengembangkan paru-paru dan melonggarkan dahak saat memecah dan mengeluarkan lendir sehingga Anda dapat pulih dengan cepat dari kesulitan bernapas.

Baca juga: Lima Jenis Sarapan Yang Nyaman Dikonsumsi Saat Sakit Tenggorokan

Saat menderita sakit tenggorokan, rasa sakit yang Anda alami itu karena adanya peradangan dan rasa gatal di tenggorokan Anda.

BACA JUGA  Pakai Masker Lebih Aman Dari Pada Hanya Menggunakan Face Shield

Peradangan ini bisa disebabkan oleh bahan iritan atau bisa juga karena respons kekebalan tubuh Anda untuk melawan infeksi.

Sifat anti-inflamasi dalam jahe membantu meredakan sakit tenggorokan yang memblokir protein pro-inflamasi dalam tubuh yang menyebabkan nyeri inflamasi dan gatal-gatal.

Ini telah digunakan sebagai obat herbal selama berabad-abad untuk mengobati berbagai kondisi medis.

Penelitian membuktikan bahwa jahe memiliki banyak khasiat yang dapat membantu meringankan gejala flu atau sakit tenggorokan.

Ia memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang meningkatkan kekebalan dan memberikan kehangatan pada tubuh.

BACA JUGA  Cara Sterilkan Masker N95 Agar Aman Dipakai Hingga 3 Kali

Jahe juga memiliki khasiat antivirus dan efektif dalam melawan demam dan juga membantu mengurangi sakit tenggorokan. Lebih sering daripada tidak, meminum secangkir teh jahe telah menjadi obat tradisional dan sering digunakan untuk melawan pilek, flu dan batuk.

Ini terdiri dari gingerol yang membantu memperkuat tubuh Anda dari dalam dan memberikan bantuan instan.

Berikut beberapa cara jahe dapat digunakan untuk mengobati batuk dan pilek dilansir dari Times of India.

1. Bubuk jahe

Untuk mengonsumsi lebih banyak jahe dalam sehari, cara lain menggunakan jahe adalah dengan menggilingnya menjadi bubuk halus. Anda dapat menambahkan bubuk ini ke makanan Anda saat memasaknya untuk mendapatkan manfaat dari bahan ajaib ini di setiap makanan. Jahe mengandung gingerol yang membantu mengobati flu biasa. Mengkonsumsinya setiap hari akan berdampak instan pada pilek dan batuk.

BACA JUGA  Lima Makanan Yang Dapat Tingkatkan Sistim Imun Anak

2. Jahe dan madu

Untuk membuatnya, dalam panci berisi air mendidih, dan tambahkan parutan jahe. Setelah mendidih, tambahkan 1 sendok teh madu dan jus lemon dengan setengah lemon ke dalamnya.

Minum minuman ini akan meredakan sakit tenggorokan dan akan mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Kombinasi madu dan jahe ini telah digunakan sejak lama untuk mengatasi masalah seperti pilek dan batuk.

Baik madu dan jahe memiliki manfaat kesehatan individu seperti memiliki sifat antioksidan dan baik untuk pencernaan, itulah sebabnya kombinasi keduanya memberikan manfaat tambahan.

BACA JUGA  5 Langkah Mudah Tingkatkan Kekebalan Tubuh (Imun) Selama Pandemi

3. Serai dan Jahe

Dalam air mendidih, tambahkan jahe parut bersama dengan serai kering atau segar. Biarkan meresap selama beberapa menit dan tambahkan madu jika perlu.

Serai seperti jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-jamur. Kedua ramuan ini bekerja sebagai obat instan untuk batuk dan pilek.

Jahe mengandung antioksidan tingkat tinggi yang memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tidak sakit.

Dengan menambahkan ramuan gabungan jahe dan serai ke dalam makanan Anda, Anda dapat memberi tubuh Anda nutrisi yang dibutuhkan untuk menjadi lebih baik secara alami.

BACA JUGA  Tips Terhindar Dari Covid-19 Bagi Anda Yang Masih Aktif Dikantor

Baca juga: Manfaat Herbal Madu Untuk Kesehatan Yang Dapat Dikonsumsi Tiap Hari

4. Jahe dan lemon

Tambahkan jahe ke dalam air dan jika sudah mendidih, tambahkan jus lemon ke dalamnya. Lemon mengurangi rasa sakit dan nyeri serta membantu membuang lendir.

Sedangkan jahe membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh untuk melawan infeksi.

Vitamin C dalam lemon membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Lemon, oleh karena itu, menjadi tambahan yang bagus untuk makanan dan minuman panas, terutama selama bulan-bulan musim dingin.

BACA JUGA  Ketahui Perbedaan Antara Penyakit Reumatik Dan Asam Urat

Akar jahe terkenal dengan khasiatnya yang menghangatkan dan untuk mendukung sirkulasi yang sehat, dianggap karena bumbunya yang ringan.

5. Akar jahe

Sementara memarut jahe dalam bentuk teh bermanfaat dan pasti meredakan batuk dan pilek. Cara paling efektif untuk mendapatkan manfaat jahe yang maksimal adalah dengan mengonsumsi akarnya secara langsung. Dianjurkan untuk mengunyah akar selama 2-3 hari secara teratur.

6. Tablet hisap jahe

Jika mengunyah jahe mentah agak terlalu sulit bagi Anda, Anda selalu dapat memilih pelega tenggorokan atau permen jahe.

BACA JUGA  Waspadai Makanan Sehat Berikut Yang Bisa Sebabkan Keguguran

Ini dibumbui dan manis enak rasanya dan mudah tersedia di toko mana pun. 2-3 permen setiap hari harus dikonsumsi untuk mendapatkan hasil terbaik dan meredakan batuk.

Leave a Comment