Pemblokiran WeChat Oleh AS Berdampak Besar Terhadap Penjualan Iphone

Analis Ming-Chi Kuo memperkirakan bahwa pemblokiran aplikasi WeChat oleh pemerintah AS akan memengaruhi penjualan iPhone di seluruh dunia. Yang terburuk dari semuanya, penjualan iPhone bisa turun 25 hingga 30%.

Seperti diketahui sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menandatangani perintah eksekutif yang melarang ByteDance dan Tencent berbisnis dengan perusahaan Amerika.

Langkah tersebut merupakan upaya Amerika Serikat untuk memblokir aplikasi China yang diyakini dapat menimbulkan risiko keamanan bagi data konsumen Amerika di tangan pemerintah China. WeChat adalah aplikasi perpesanan populer Tencent.

“Karena WeChat sangat penting bagi pengguna China dan mengintegrasikan fungsi komunikasi, pembayaran, e-commerce, perangkat lunak sosial, membaca berita, dan produksi, kami yakin keputusan ini akan memengaruhi pengiriman iPhone di pasar China”, kata Kuo dalam Catatan Risetnya.

Seiring dengan penurunan penjualan iPhone, penjualan aksesori iPhone terbaik juga diperkirakan akan menurun. Sementara itu, pengiriman iPhone ke seluruh dunia diperkirakan akan turun 25-30%.

“Pengiriman iPhone di seluruh dunia diperkirakan turun 25 hingga 30%. Pengiriman global produk perangkat keras Apple lainnya, termasuk AirPods, iPads, Apple Watches and Macs, akan turun 15 hingga 25%, ”kata Kuo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *