Manfaat Bayam, dari Cegah Anemia hingga Jaga Kesehatan Jantung

Bayam dianggap sebagai salah satu makanan yang padat nutrisi karena banyak mengandung banyak antioksidan dan nutrisi. Sayuran hijau ini termasuk dalam keluarga Amaranthaceae bersama quinoa, bit dan lobak Swiss.

Bayam merupakan sumber yang sangat baik untuk memperoleh vitamin dan mineral. Selain itu, sayuran ini juga kaya akan beberapa senyawa penting seperti lutein, zeaxanthin, quercetin, nitrat dan kaempferol.

Berikut adalah manfaat kesehatan dari bayam seperi dilansir laman Boldsky.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Bayam kaya kandungan nitrat dalam yang dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung . Selain itu, adanya berbagai vitamin, mineral, fitokimia, dan senyawa bioaktif dalam bayam diyakini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

2. Menjaga kesehatan mata

Bayam mengandung senyawa lutein dan zeaxanthin, yang dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mata, di mana dua karotenoid ini melindungi mata dari sinar berbahaya yang datang dari matahari.

BACA JUGA  Berikut Ini Khasiat Sayur Bayam Bila Dikonsumsi Secara Rutin

3. Melindungi dari stres oksidatif

Konsumsi bayam bisa sangat bermanfaat untuk melindungi diri anda dari radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif dalam tubuh, di mana stres ini dapat menyebabkan kerusakan sel, protein, dan DNA yang dapat membuat penuaan lebih cepat.

4. Menurunkan tekanan darah

Kandungan nitrat yang ada dalam bayam adalah vasodilator yang dapat membantu memperlebar pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, sehingga dapat menurunkan tingkat tekanan darah Anda.

5. Mencegah anemia

Bayam mengandung zat besi yang tinggi dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi zat besi dalam porsi cukup dapat mencegah anemia.

BACA JUGA  Ragam Manfaat Wortel Selain Meningkatan Kesehatan Mata

Leave a Comment