Berikut Ini 3 Jenis Bansos Yang Akan Diberikan Awal Tahun 2021

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan pihaknya akan meneruskan tiga program bansos, yakni Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bansos Tunai (BST). Nantinya, ketiga bansos tersebut akan dicairkan pada awal Januari 2021.

Menteri Risma meminta untuk jajaran di Kemensos memastikan ketiga bansos dapat salur serentak seluruh Indonesia.

“Sesuai dengan instruksi Bapak Presiden, minggu pertama bulan Januari bantuan ini sudah bisa diberikan kepada penerima manfaat (KPM),” kata Risma dalam keterangan tertulis, Kamis (31/12/2020).

BACA JUGA  Cek Syarat dan Ketentuannya, BLT Ibu Hamil Rp3 Juta Cair Lagi April 2021

Untuk program Kartu Sembako/BPNT akan menjangkau 18,8 juta KPM dengan indeks Rp200 ribu/bulan/KPM, salur Januari-Desember 2021. Bansos Tunai (BST) tahun 2021 menjangkau 10 juta KPM di seluruh Indonesia, termasuk Jabodetabek.

Penyalurnya adalah PT. Pos dengan indeks bantuan Rp300 ribu/KPM selama 4 bulan yaitu Januari, Februari, Maret, dan April.

Berikutnya adalah bansos PKH tahun 2021 ada 10 juta penerima manfaat dan penyalurnya adalah Bank Himbara. Penerima manfaat harus memenuhi komponen di antaranya ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas, dan lanjut usia.

BACA JUGA  BLT Subsidi Gaji Gelombang 2 Akan Disalurkan Awal November 2020

Leave a Comment