Resep Membuat Ayam Bakar BBQ yang Empuk Dan Juicy

Tak kalah favorit dari daging sapi dan seafood. Ayam bakar dengan saus BBQ juga jadi menu primadona di malam tahun baru.
Jadi menu klasik yang selalu disukai banyak orang. Ayam bakar jadi menu yang tak pernah terlewatkan saat pesta barbeque di malam tahun baru.

Tapi terkadang banyak orang yang gagal saat membuat ayam bakar atau ayam panggang BBQ ini. Padahal jika sudah tahu resep dan rahasianya, ayam bakar BBQ ini merupakan menu yang mudah dibuat.

BACA JUGA  Bareksrim Polri Tetapkan Gus Nur Sebagai Tersangka Ujaran Kebencian

Mulai dari racikan saus BBQ yang bisa dibuat sendiri. Potongan ayam yang harus diperhatikan, sampai waktu pemanggangan yang harus sesuai.

Dilansir dari Simply Recipes (31/12), berikut rahasia membuat ayam bakar BBQ yang enak di malam tahun baru.

1. Potongan daging ayam

Selain dibuat jadi sate ayam, menu ayam bakar dengan olesan saus BBQ juga tak kalah populer di malam tahun baru. Proses pemanggangan daging ayam memang memakan waktu lebih lama, dibandingkan memanggang daging atau seafood.

BACA JUGA  Spesifikasi OPPO A53 Yang Dibanderol Setengah Harga OPPO Reno 4

Agar daging ayam matang dengan sempurna, yang pertama kali perlu diperhatikan adalah potongan dagingnya. Untuk potongan dada ayam, daging ini lebih cepat matang dibandingkan potongan lainnya.

Tapi kalau mau rasa ayam bakar lebih juicy dan gurih, bisa pilih potongan paha bawah, paha atas dan sayap. Proses pematangannya daging ayam sekitar 15 menit, tergantung besar api atau suhu panas dari panggangan yang digunakan.

2. Irisan daging ayam

Sebelum diolesi bumbu BBQ atau saus lainnnya. Daging ayam sebaiknya dikerat-kerat atau dipotong kecil dan agak tipis. Lebih baik memanggang daging ayam dalam potongan yang lebih kecil, agar daging lebih cepat matang hingga ke dalam.

BACA JUGA  Pemerintah Larang Perayaan Natal dan Tahun Baru di Tempat Umum

Terutama jika memanggang paha ayam, proses pematangannya lebih lama. Semakin kecil potongan daging ayamnya, semakin cepat dagingnya matang.

Hindari membuang kulit ayam saat memanggang. Karena fungsi kulit ayam ini untuk melindungi daging agar tidak cepat kering dan tetap juicy setelah dipanggang.

3. Olesan saus BBQ

Tentunya rahasia ayam bakar BBQ yang enak dan juicy terletak pada olesan bumbunya. Meski sekarang banyak produk saus BBQ instan, tapi kalau mau lebih enak bisa coba racik di rumah sendiri.

BACA JUGA  Telah Beredar Bocoran Spesifikasi Nokia 5.4, Yuk Kita Simak Isinya

Mengutip resep saus barbeque rumahan dari detikFood (30/12). Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat saus BBQ ada saus tomat, gula palem, madu, cuka apel, saus Inggris, mustard, saus tiram, cabe merah bubuk hingga garam.

Cara membuatnya cukup mudah, letakan saus tomat, madu hingga mustard di dalam satu wadah dan aduk hingga rata. Setelah itu baru tambahkan bumbunya seperti merica, garam hingga cabe bubuk. Untuk resep dan langkah lengkapnya, bisa cek di sini.

BACA JUGA  Ada Cashback hingga Rp 1 Juta Di Gelaran Promo Akhir Tahun OPPO

4. Marinasi daging ayam

Setelah ayam dipotong-potong, langkah selanjutnya adalah marinasi atau membumbui ayam sebelum dipanggang. Bahan yang dibutuhkan cukup mudah.

Setiap 1 – 1,5 kg (4-6 potong) daging ayam, dibutuhkan sekitar 250 ml saus BBQ. Kemudian tambahkan minyak sayur secukupnya agar daging tidak lengket saat dipanggang. Kemudian tambahkan 1 sendok teh garam untuk menambah rasa pada daging, aduk hingga rata dalam satu wadah. Daging siap dipanggang.

Tapi kalau mau bumbunya lebih terasa bisa didiamkan 15-30 menit agar bumbunya meresap sampai ke dalam. Bisa juga simpan di kulkas agar proses marinasinya lebih meresap.

BACA JUGA  Peluncuran Realmi 7 Dan 7i Disambut PUBG Power Master League

5. Panggang ayam

Sebelum memanggang, pastikan panggangan sudah benar-benar panas. Bisa cipratkan sedikit air untuk memastikan apa suhunya sudah panas. Jika panggangan berdesis artinya sudah panas.

Panggang atau bakar daging di tengah panggangan. Suhu panas di bagian tengah akan membuat daging lebih cepat matang. Panggang sekitar 5-10 menit hingga warna daging berubah menjadi sedikit kecokelatan.

Setelah itu balik daging ayam dan letakkan ke pinggir panggangan yang suhunya tidak terlalu panas. Hal ini untuk mencegah daging menjadi gosong serta membuat bagian dalam daging matang dengan sempurna. Diamkan sekitar 5-10 menit lagi dan ayam bakar BBQ siap disajikan.

BACA JUGA  Pre-Order Diskon Hingga Rp1 Juta, Ini Fitur Terbaik Huawei Mate 40 Pro

Oh ya, jangan lupa oleskan lagi sisa-sisa saus BBQ ke atas daging ayam yang sedang dipanggang. Dijamin rasa ayam bakar BBQ ini akan semakin enak karena olesan saus BBQ yang royal.

Selain saus BBQ, ayam bakar untuk malam tahun baru juga enak disantap dengan lima sambal tradisional ini. Mulai dari sambal matah, sambal terasi, sampai sambal mangga yang segar.

Leave a Comment