10 Sumber Protein Nabati Terbaik Dan Mudah Di Olah Secara Sederhana

Sumber protein nabati adalah tumbuhan. Sedangkan protein hewani merupakan sumber utama daging dan telur. Padahal, asupan protein lebih optimal bila Anda bisa menggabungkan protein hewani dan nabati.
Tetapi bagi orang yang ingin menjadi vegan, mereka biasanya mengganti semua protein hewani dengan sayuran. Oleh karena itu, pilihan protein nabati haruslah yang terbaik. Sehingga Anda selalu bisa mendapatkan cukup protein, kalsium, zat besi dan vitamin B12 dari sumber makanan nabati. Untuk menghindari kebosanan, protein nabati bisa diolah dengan berbagai macam olahan.

Berikut sumber protein nabati yang bisa dimakan setiap hari:

1. Tempe
Sumber protein nabati tertinggi. Tempe merupakan salah satu makanan yang diolah melalui fermentasi dengan ragi. Tempe mengandung 20,8 gram protein dalam 100 gram kedelai. Tempe digoreng sangat gurih, dicampur dengan sayur lodeh atau dibalado atau dicampur dengan tumisan.

2. Tahu
Tahu terbuat dari kedelai yang difermentasi dan diperas. 100 gram tahu mengandung 10,9 gram protein. Tahu bisa dibuat dengan cara dipanggang atau tahu bacem, tahu bakso dengan campur tahu.

3. Lentil
Lentil merah atau hijau kaya akan protein, serat, dan nutrisi penting, termasuk zat besi dan kalium. Per 1/2 cangkir lentil matang mengandung 8,84 gram. Lentil adalah sumber protein yang bagus untuk ditambahkan ke makan siang atau makan malam Anda. Lentil bisa ditambahkan ke salad atau nasi.

4. Edamame
Sumber protein nabati banyak ditemukan pada bahan makanan edamame. Jajanan khas Jepang ini terbuat dari kacang kedelai yang belum matang dan memiliki rasa yang agak manis. Kacang hijau ini harus dimasak sebelum dimakan dan bisa juga ditambahkan ke dalam sup.

5. Kacang polong
Kacang polong merupakan sumber protein nabati. Kacang hijau ini sering dicampur dengan nasi goreng atau sop. Satu cangkir kacang polong mengandung 9 gram protein. Kacang polong mengandung serat, vitamin A, C, K, asam folat, zat besi dan banyak lagi.

6. Quinoa
Jenis protein nabati lainnya adalah quinoa. Ini bebas gluten dari gandum utuh. Satu cangkir quinoa mengandung 8 hingga 9 gram protein serta serat dan zat besi.

7. Susu kedelai
Susu kedelai mengandung protein yang baik untuk tubuh. Segelas susu kedelai mengandung 7 gram protein serta nutrisi lain seperti kalsium, vitamin D dan vitamin B12.

8. Kacang
Kacang mengandung protein, lemak sehat, dan dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kacang tanah mengandung sekitar 20,5 gram per 1/2 cangkir. Selai kacang juga tinggi protein dengan 8 gram per sendok makan. Untuk mendapatkan protein, selai kacang bisa dipadukan dengan roti tawar.

9. Almond
Almond menyediakan 16,5 gram protein per 1/2 cangkir. Kacang almond juga mengandung vitamin E yang juga baik untuk kulit dan mata. Kacang almond juga dikenal dapat meningkatkan produksi ASI.

10. Biji chia
Biji chia adalah makanan rendah kalori, berserat tinggi dan mengandung asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung. Biji chia, atau biji chia, merupakan sumber protein lengkap yang mengandung 2 gram protein per sendok makan.Biji chia bisa ditambahkan ke smoothies atau dicampur dengan yogurt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *