Ketahui Perbedaan Mesin Bensin dan Mesin Diesel

Produsen mobil di Indonesia biasanya menawarkan dua pilihan mesin untuk produk otomotif yang mereka jual, yaitu mesin bensin dan mesin diesel. Apakah Anda benar-benar mengetahui perbedaan antara kedua jenis mesin tersebut?

Halaman Auto2000 menunjukkan bahwa mesin diesel dan bensin bekerja secara berbeda. Perbedaan tersebut memengaruhi performa, keselamatan, dan (tentu saja) kebutuhan bahan bakar.

Untuk lebih jelasnya, berikut 5 perbedaan mesin bensin dan mesin diesel:

1. Bahan bakar

Perbedaan utama antara mesin bensin dan mesin diesel adalah jenis bahan bakar yang digunakan. Mobil bertenaga diesel menggunakan solar sedangkan mobil bertenaga bensin menggunakan gasoline. Perbedaan bahan bakar ini mempengaruhi proses kompresi.

Dalam mesin diesel, udara dikompresi terlebih dahulu hingga menjadi hangat. Saat udara panas, bahan bakar disuntikkan sehingga terjadi pembakaran yang menyebabkan mesin menyala. Mesin diesel tidak menggunakan busi.

BACA JUGA  Motor Listrik Anak Bangsa untuk Korban Pandemi

Pada mobil bertenaga bensin, bahan bakar dicampur dengan udara kemudian dikompresi oleh piston dan dinyalakan oleh percikan dari busi.

2. Tenaga mesin

Perbedaan antara mesin bensin dan mesin diesel juga terlihat pada performanya. Mesin diesel lebih unggul dalam ketangguhan, itulah sebabnya mesin ini banyak digunakan pada kendaraan tugas berat seperti truk dan bus.

Namun, bukan berarti mobil berbahan bakar bensin tidak memiliki keunggulan sama sekali. Mesin bensin cenderung lebih unggul dalam hal akselerasi dan daya tanggap mesin.

BACA JUGA  Spesifikasi Yamaha MX King 155, Dibanderol Mulai Rp 28 Jutaan

3. Kebutuhan bahan bakar

Mesin diesel dikenal dengan penggunaan bahan bakarnya yang sangat efisien. Mesin hanya membutuhkan sedikit solar untuk mencapai performa maksimal. Sebaliknya, mobil dengan mesin bensin cenderung membutuhkan bahan bakar lebih banyak.

4. Perawatan mesin

Perbedaan berikutnya antara mesin bensin dan mesin diesel adalah perawatan. Meski mesin diesel sangat bertenaga dan tangguh, ternyata dari segi perawatan, Anda perlu melakukan tindakan tambahan untuk membersihkan komponen internal, terutama dengan sistem ruang bakar kompleks yang cepat kotor. Berbeda dengan mesin bensin yang biasanya mudah perawatannya.

BACA JUGA  Syarat dan Cara Mudah Bayar Pajak Motor Tahunan Secara Online

5. Keamanan

Mesin diesel saat ini rata-rata dilengkapi dengan teknologi canggih yang menjadikan sistem kelistrikannya memadai. Karenanya, kendaraan diesel lebih aman digunakan selama banjir. Meski begitu, tetap harus berhati-hati saat terpaksa menghadapi banjir. Gunakan kecepatan rendah dan pasang gigi satu atau girboks D1 untuk mobil matic.

Di sisi lain, mesin bensin memiliki komponen kelistrikan yang cukup kompleks dan banyak. Belum lagi penambahan busi, unit kendali, dan baterai yang membuatnya berbahaya untuk digunakan saat banjir.

BACA JUGA  Mobil Keluarga Wuling Cortez CT Type L Dgn Fitur Keamanan Lengkap

Risikonya berkisar dari korsleting hingga kebakaran. Meski begitu, keunggulan mesin bensin adalah ramah lingkungan. Mesin bensin tidak mengeluarkan asap hitam pekat saat dikendarai di jalan raya seperti mesin diesel.

Leave a Comment