Tips Dan Trik Hemat Baterai HP Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Smartphone atau ponsel sudah menjadi bagian dari kehidupan kebanyakan orang di era digital sekarang ini. Sering digunakan, terutama saat liburan Natal dan Tahun Baru 2021, dengan bermain game atau menonton film di YouTube, menguras baterai ponsel dengan cepat.

Dengan segala kemajuan teknologi, hampir semua akses bisa dilakukan hanya dengan satu sentuhan di telapak tangan Anda. Pengguna diharapkan memiliki masa pakai baterai yang lama dari smartphone, tetapi hanya sedikit ponsel yang memiliki kapasitas baterai yang besar.

BACA JUGA  Realme C17 Meluncur Dengan RAM Besar Harga Rp2 Jutaan

Banyak rumor yang menyebutkan sejumlah cara memperpanjang umur ponsel yang digunakan dengan harapan bisa bertahan lebih lama dari biasanya. Berikut cara memperpanjang baterai ponsel agar tidak cepat kehabisan daya. Dilansir dari Medium:

1. Kurangi kecerahan layar secara otomatis

Dengan cara ini, ponsel dapat secara otomatis mengatur kecerahan layar ponsel dengan keadaan sekitarnya.

Jika Anda ingin mengaturnya secara manual, disarankan untuk mengatur kecerahan di bawah 50 persen. Hal ini agar ponsel yang digunakan tidak banyak mengonsumsi daya untuk menampilkan layar yang cerah.

BACA JUGA  Simak Kemampuan Kamera Poco X3 64 MP Serta Keunggulan Lainnya

2. Matikan Bluetooth dan Wi-Fi

Dengan mematikan Bluetooth dan Wi-Fi, ponsel tidak perlu mendeteksi perangkat yang terhubung. Terkadang pengguna terbiasa mengaktifkan ini karena beberapa ponsel memiliki pengaturan default yang memungkinkan keduanya.

Dianjurkan untuk mematikan Bluetooth dan Wi-Fi saat tidak digunakan agar tidak membebani smartphone yang sedang digunakan.

3. Periksa lokasi dan pelacakan GPS

Mirip dengan fungsi Bluetooth dan Wi-Fi, fungsi pelacakan lokasi, yang digunakan untuk melacak lokasi pengguna, dirancang untuk menguras baterai ponsel secara drastis.

BACA JUGA  Spesifikasi OPPO A53 Yang Dibanderol Setengah Harga OPPO Reno 4

Disarankan untuk mengubahnya saat dinonaktifkan dan mengaktifkannya kembali saat pengguna hanya membuka navigasi atau peta.

4. Atur ulang waktu siaga tampilan

Waktu tunggu layar atau mode siaga layar adalah pengaturan otomatis yang mengatur cahaya redup saat pengguna tidak melakukan aktivitas apa pun di ponselnya.

Pengaturan ini dapat diatur dalam pengaturan tampilan. Disarankan untuk memilih mode otomatis dengan waktu di bawah 5 detik. Hal ini dapat mengurangi pengurasan baterai yang seharusnya menguras baterai jika Anda menyetel waktu tunggu layar menjadi lebih dari 5 detik.

BACA JUGA  Rupiah Berpotensi Menguat Pada Hari Ini Ke Rp14.660/USD

5. Nonaktifkan notifikasi aplikasi yang tidak perlu

Menurut Indian Today, menerima pemberitahuan dari aplikasi seperti pesan dan email dianggap berguna. Namun, aplikasi lain disarankan untuk mematikan notifikasi yang dianggap tidak berguna.

Seperti notifikasi di aplikasi game yang mengingatkan pengguna untuk memainkannya kembali. Ini adalah contoh aplikasi dimana pengguna bisa mematikan notifikasi agar tidak terkuras saat menerima notifikasi tersebut.

Dianjurkan juga untuk mematikan mode getar telepon untuk pemberitahuan umum. Cara ini juga dapat mencegah baterai ponsel yang sedang digunakan habis secara signifikan.

BACA JUGA  Berikut Ini Tanda-tanda Smartphone Anda Telah Disadap Hacker

6. Jangan gunakan ponsel sampai baterainya kosong

Beberapa pengguna merasa paling baik menggunakan ponsel sampai baterainya benar-benar habis sebelum diisi kembali. Ini tidak disarankan karena kebanyakan ponsel menggunakan baterai lithium-ion atau li-ion.

Jika pengguna menguras baterai hingga habis, pengisian daya dapat mengurangi masa pakai baterai ponsel dan dapat merusak komponen di dalam baterai.

Anda disarankan untuk mengisi daya ponsel Anda dalam keadaan yang tidak sepenuhnya kosong.

7. Tutup aplikasi setelah Anda selesai

BACA JUGA  Fitur Google Maps Bisa Deteksi Keramaian untuk Cegah Covid-19

Cara lain agar baterai smartphone tidak terkuras adalah dengan menutup aplikasi yang sudah digunakan. Meskipun ponsel dengan RAM internal dalam jumlah besar akan menutup aplikasi dengan benar, diasumsikan bahwa RAM perangkat Anda tidak berfungsi terlalu keras.

Membuka aplikasi dalam jumlah besar secara bersamaan dapat menyebabkan lebih banyak RAM berfungsi dan memengaruhi kinerja baterai ponsel.

Buka aplikasi yang berguna untuk saat ini. Mudah-mudahan ketika Anda berhenti menggunakannya, tutuplah daripada hanya meminimalkannya.

BACA JUGA  Fitur Mirroring Ponsel Android Pada Windows 10 Dari Microsoft

Leave a Comment