Berikut Ini 5 Cara Mudah Dan Sederhana Menghilangkan Plak Gigi

Tak hanya penampilan yang semakin memburuk, plak pada gigi juga bisa merusak kesehatan. Oleh karena itu, plak gigi harus dihilangkan secara teratur.

Ada banyak cara untuk menghilangkan plak. Plak merupakan zat membran yang berasal dari timbunan bakteri dan sisa makanan. Plak biasanya menumpuk di antara gigi dan di bawah garis gusi.

Plak membuat gigi menjadi kekuningan. Jika tidak ditangani, plak dapat merusak gigi dan gusi.

“Kuman, bakteri, dan sisa makanan yang menumpuk dan menimbulkan plak yang lama kelamaan menjadi karang gigi,” kata dokter gigi Theresia Dessy beberapa waktu lalu.

Berikut Ini 5 cara menghilangkan plak gigi.

1. Sikat gigi Anda

Cara terbaik untuk menghilangkan plak adalah dengan menyikat gigi dua kali sehari. Pastikan semua bagian gigi Anda termasuk punggung disikat. Gunakan sikat gigi lembut yang diganti setiap tiga sampai empat bulan.

2. Gunakan benang gigi

Gunakan benang gigi untuk menjangkau area yang tidak bisa disikat. Gosok benang di antara gigi Anda. Benang gigi efektif untuk menghilangkan plak di antara dua gigi.

BACA JUGA  Manfaat Jus Lidah Buaya, Atasi Sembelit Hingga Bisa Jaga Kecantikan

3. Berkumur

Berkumur bisa membantu menghilangkan bakteri di mulut yang bisa berkembang menjadi plak.

4. Gunakan minyak kelapa

Gunakan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk menghilangkan plak. Oleskan minyak di sekitar gigi dan biarkan selama 20-30 menit.

Minyak ini, dikutip Healthline, dapat memperkuat gigi, mencegah kerusakan gigi, meredakan nyeri gusi, dan menghilangkan plak.

5. soda kue

Soda kue juga bisa menjadi deterjen alami. Gunakan soda kue atau pasta gigi dengan soda kue untuk menghilangkan plak dari gigi Anda. Soda kue memiliki sifat abrasif yang bagus untuk menghilangkan bakteri.

BACA JUGA  Peringati Hari Jantung Sedunia, Waspadai Penyakit Gagal Jantung

Leave a Comment