Chipset Helio P35 Pada Realme C12 Juga Dipakai Oleh Xiaomi

Realme C12 siap diperkenalkan ke publik Indonesia pada Jumat hari ini, 14 Agustus 2020. Ponsel tersebut menawarkan daya baterai besar 6.000mAh serta tiga kamera. Selain itu, Realme C12 memakai prosesor MediaTek Helio P35 untuk dapur pacunya. Namun, chipset ini sudah dimiliki oleh Xiaomi Mi Play yang dirilis akhir 2018.

Mengutip laman resmi Mediatek, Helio P35 merupakan chipset Octa-core yang dibangun dengan teknologi FinFET 12 nanometer milik TSMC. Ke delapan inti yang dimuat semuanya adalah core Cortex-A53 yang memiliki clock speed 2,3 GHz.
Berbicara soal GPU yang dibenamkan, Helio P35 telah memuat PowerVR GE8320. GPU ini sama persis dengan yang ada pada prosesor Helio P22, tetapi clock-nya lebih tinggi, yakni 680 MHz.
Selain itu, MediaTek juga sesumbar bahwa Helio P35 mendukung layar Full HD Plus dan aspek rasio 20:9. Prosesor ini juga mendukung RAM LPDDR3 dan LPDDR4x (4GB dan 6GB), serta eMMC 5.1.

Untuk kebutuhan fotografi, Helio P35 mendukung dual-camera 13MP atau kamera tunggal 25MP lengkap sama depth engine untuk menghasilkan fitur Bokeh, electronic image stabilozation (EIS) dan rolling shuntter compensation (RSC), untuk menghapus efek jello selama merekam objek cepat.
MediaTek Helio P35 juga mendukung AI Face ID, album foto pintar, dan pengurangan noise multi-frame. Chipset ini pun memiliki WiFi dual-band, Bluetooth 5.0, VoLTE dan ViLTE. Sayangnya, selain Mi Play, MediaTek belum mengonfirmasi smartphone mana saja yang tertarik untuk memakai Helio P35.

Chipset ini merupakan rebrand dari MediaTek Helio G35, di mana prosesor tersebut telah digunakan oleh Realme C11 dan C15. Helio G35 merupakan prosesor Octa-core yang memiliki kecepatan yang sama seperti P35, yaitu 2,3 Ghz dengan proses produksi 12nm Octa-core.
Dengan begitu, MediaTek Helio G35 diklaim tangguh yang memberikan pengalaman terbaik saat bermain game online. Untuk tahu harga dan spek lengkap Realme C12, bisa ditunggu perilisannya Jumat siang nanti. Adapun Xiaomi Mi Play punya dual-camera dengan notch atau poni ‘Waterdrop’.

Sebagai informasi, Realme C15 hadir di Indonesia pada akhir Juli lalu yang dibanderol Rp2 jutaan. Sedangkan Realme C11 sudah lebih dahulu rilis satu bulan sebelumnya dengan harga Rp1,6 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *