Pemerintah Berikan Bantuan Kepada UMKM, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Pemerintah akan memberikan bantuan keuangan langsung senilai Rp 2,4 juta kepada pengusaha mikro mulai 17 Agustus 2020. Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, pelaku usaha mikro yang ingin mendapatkan bantuan modal kerja dapat mendaftarkan diri pada koperasi di daerahnya. “Karena itu, kami ingin mengajak pelaku usaha mikro yang belum mendapat modal kerja dan pembiayaan investasi dari perbankan untuk aktif mendaftar melalui layanan koperasi terdekat,” ujarnya. ucapnya dalam jumpa pers di kantor kepresidenan, mengutip keterangan resminya, Jumat (14 Agustus 2020).

Selain itu, Teten mengatakan yang berhak mendapatkan bantuan ini adalah usaha mikro, tanpa modal kerja atau pinjaman investasi dari bank . Persyaratan tersebut antara lain adalah Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), memiliki usaha mikro sebagaimana tercantum dalam surat lamaran yang dilampirkan pada pemohon, dan bukan ASN-, TNI / POLRI- Anggota dan pegawai BUMN / BUMD.

Ia juga mengatakan, pelaku ekonomi selanjutnya akan diidentifikasi dan diusulkan oleh lembaga pengusul, antara lain Dinas Koperasi Provinsi dan Daerah / Kota dan UMKM, koperasi yang berbadan hukum, kementerian / lembaga, perusahaan, perbankan, dan jasa keuangan yang terdaftar di OJK. dan lembaga penyalur program pinjaman negara yang terdiri dari BUMN dan BLU. Data yang dikumpulkan kemudian akan diverifikasi apakah memenuhi syarat atau tidak.

Erick Thohir: Ini Hibah, Bukan Pinjaman. “Data tersebut akan diverifikasi dan divalidasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM bekerjasama dengan Kementerian Keuangan dan OJK,” ujarnya. Sementara itu, dia menjelaskan aspek teknis dari para pemain komersial. Micro sangat layak mendapatkan bantuan ini, dana langsung dikirim ke rekening masing-masing. “Nanti dana Rp 2,4 juta itu akan langsung dikirim ke penerima dengan nama dan alamat serta digunakan untuk modal kerja,” ujarnya. .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *