Mandi di Candi Sumber Tetek, Dipercaya Bisa Bikin Anda Awet Muda

Mandi di Candi Sumber Tetek, Dipercaya Bisa Bikin Anda Awet Muda

Masih diyakini bahwa beberapa peninggalan masa lalu, lebih tepatnya Kerajaan Majapahit, memiliki ciri khasiat tertentu.

Sehingga banyak orang yang tertarik mengunjungi situs bersejarah ini. Salah satu yang masih sering dikunjungi adalah Candi Sumber Tetek.

Liputan dari Instagram @thisiseastjava, Candi Sumber Tetek atau Candi Belah merupakan salah satu peninggalan kerajaan Majapahit.

Kompleks candi ini berbentuk mata air yang dibangun pada tahun 1049 M atau pada abad ke-11 pada masa Kerajaan Kahuripan.

Terletak di sisi timur Gunung Penanggungan, lokasi ini tepatnya berada di Dusun Bagian Jowo, Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Petirtaan Bagian, juga dikenal sebagai Candi Bagian atau Candi Sumber Tetek.

Candi Sumber Tetek merupakan kolam pemandian berbentuk persegi panjang dengan ukuran kira-kira 4 x 5 meter dan dialiri air pegunungan melalui pipa kecil.

Meski demikian, kolam ini adalah tempat mandi para istri dan selir Prabu Airlangga. Selain itu, kawasan ini juga menjadi tempat bermeditasi.

Di kompleks candi ini awalnya terdapat arca Dewa Wisnu berupa Airlangga di atas sebuah Garuda. Namun, arca tersebut dipindahkan ke Museum Purbakala Trowulan di Mojokerto.

Di dalam areal pura terdapat patung Dewi Laksmi dan Dewi Sri yang melambangkan kesuburan dan kemakmuran. Kedua arca tersebut berdiri berdampingan dan menempel pada dinding candi yang terbuat dari batu merah.

Menariknya, patung patung Dewi Laksmi mengeluarkan sumber air yang diyakini warga sekitar akan membuat seseorang tampak awet muda.

Tak heran inilah mengapa tempat bersejarah ini sering dikunjungi oleh penduduk setempat. Banyak yang datang untuk membasuh muka, mandi dan minum di mata air ini.

Saat ke Candi Sumber Tetek, pengunjung perlu mewaspadai beberapa hal. Karena ada hal-hal yang harus Anda patuhi yang tidak boleh dilanggar.

Misalnya pengunjung yang sedang haid atau berhalangan sangat dilarang memasuki Candi Sumber Tetek ini. Jika Anda memaksa Anda bisa dipercaya itu akan membawa sial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *