7 Bahan Rumahan untuk Hilangkan Jerawat, Soda Kue hingga Kunyit

7 Bahan Rumahan untuk Hilangkan Jerawat, Soda Kue hingga Kunyit

Jerawat bisa mengganggu di semua kelompok umur. Jerawat adalah mimpi buruk setiap perempuan dan laki-laki. Kondisi ini dapat merusak kulit wajah dan mempengaruhi kecantikan alami penderita. Jerawat dan bekas luka juga bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Nah, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk mengatasi jerawat dan menjaga kesehatan, kebersihan, dan kulit bercahaya, seperti dilansir Times of India, Sabtu (5/12).

1. Soda kue

Soda kue adalah pilihan yang bagus untuk mengobati jerawat dan mencegahnya terjadi di masa mendatang. Ini adalah eksfoliator yang bagus, mengurangi peradangan, dan membersihkan kulit.

2. Jus lemon

Jus lemon adalah salah satu pembersih alami paling efektif karena keasamannya yang tinggi. Jus lemon menghilangkan kotoran yang tersumbat di pori-pori kulit.

Jus lemon memiliki khasiat seperti astringen alami dan sifat antibakteri dari jus lemon yang bagus untuk membersihkan kulit.

3. Kentang

Kentang memiliki sifat anti-inflamasi. Kentang membantu menyembuhkan kulit yang teriritasi dan terinfeksi.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah pilihan yang tepat untuk pengobatan jerawat karena memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

Cuka sari apel mengandung asam malat, yang merupakan pertahanan yang baik terhadap virus, bakteri, dan jamur, sehingga jerawat, sejenis infeksi jamur, dapat dicegah.

Cuka jenis ini juga kaya akan kandungan abu, yang membantu menormalkan pH tubuh dan menjaga kesehatan basa.

Selain itu, cuka sari apel kaya akan asam asetat, yang secara signifikan mengurangi kecepatan dan kadar gula dalam darah setelah makan. Kadar gula yang tinggi juga menyebabkan munculnya jerawat.

5. Es

Es dapat mengurangi peradangan karena sifat pendinginannya. Es menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan kulit dan jerawat. Jika kulit Anda tetap dingin, Anda cenderung tidak berjerawat.

6. Pasta gigi

Pasta gigi adalah pilihan yang aneh tapi bagus untuk menghilangkan jerawat. Beberapa jenis pasta gigi mengandung silika, yang menahan kelembapan dan menghilangkan jerawat.

Pasta gigi umumnya memiliki efek mengeringkan jerawat, menyebabkannya terlepas dari kulit dan sembuh.

7. Kunyit

Kunyit adalah bahan utama dalam Ayurveda untuk memperbaiki warna kulit dan memerangi masalah kulit umum seperti jerawat dan bintik hitam.

Karena sifat antimikrobanya, ini adalah obat India kuno untuk sebagian besar infeksi. Bubuk kunyit membantu menghilangkan minyak berlebih dan menghancurkan bakteri, sehingga mencegah jerawat .

Kunyit juga merupakan antioksidan luar biasa yang membantu mengobati jerawat dan peradangan kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *