Khabib Nurmagomedov Dirikan EFC Ajang Tandingan Saingi UFC

Khabib Nurmagomedov Dirikan EFC Ajang Tandingan Saingi UFC

Khabib Nurmagomedov baru-baru ini membuka turnamen pertarungan seni bela diri campuran (MMA) yang disebutnya Eagle Fighting Championship (EFC). Tak ayal, banyak pihak membandingkan turnamen ciptaan Khabib dengan Ultimate Fighting Championship (UFC).

Untuk menghindari kesalahpahaman, Khabib pun menjelaskan tujuan EFC ini dalam jumpa pers. Khabib menuturkan, EFC merupakan ajang persiapan para pejuang sebelum pindah ke UFC.

Nanti akan ada sistem ranking di EFC ini. Petarung yang berhasil merebut gelar dan mempertahankannya selama beberapa waktu dipromosikan untuk bertarung di ajang yang lebih besar, yaitu UFC.

Khabib pun tidak menyangkal bahwa EFC bisa menjadi turnamen yang lebih baik dari UFC di masa depan. Namun menurutnya akan memakan waktu yang sangat lama, yakni sekitar 10 tahun.

Karena itulah Khabib awalnya tidak mau berpikir terlalu jauh. Dia menekankan bahwa yang terpenting saat ini adalah memenuhi tujuan jangka pendek menjadikan EFC sebagai turnamen persiapan bagi para petarung.

“Kami membutuhkan setidaknya 10 tahun untuk bisa lebih baik dari UFC. Jadi saat ini kami belum punya target itu, ”kata Khabib, dikutip dari Bloody Elbow, Minggu (6/12/2020).

“Seorang petarung berusia 23 tahun bisa menjalani enam atau tujuh pertarungan, memenangkan dan mempertahankan gelar, dan kemudian menandatangani kesepakatan dengan UFC hanya dalam dua tahun,” jelas pria berjuluk The Eagle ini.

“Ini adalah tujuan jangka pendek yang lebih realistis daripada berharap 10 sampai 12 tahun untuk menjadi promosi (medan perang) terbaik di dunia. Tapi kami ingin menjadi salah satu yang terbaik di dunia, “katanya.

Khabib sendiri telah memutuskan pensiun sebagai petarung MMA. Namun, kecintaannya pada olahraga membuatnya menjadi promotor dan memulai turnamennya sendiri.

Khabib pun berharap cabang olahraga MMA bisa menjadi bagian dari olimpiade. Khabib berharap Olimpiade 2028 sudah ada cabang olahraga MMA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *