Presiden Jokowi Akan Sampaikan Pidato Kenegaraan Pada Sidang Tahunan MPR

Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Indonesia (MPR) akan berlangsung hari ini (14/8/2020) di Gedung DPR Senayan, Jakarta. Sidang tahunan tersebut berlangsung bersamaan dengan rapat gabungan DVR RI, DPD RI dan sambutan Presiden RI tentang penyampaian RAPBN tahun 2021. Agenda sidang berlangsung dalam dua sesi. Pertama mulai pukul 09.00 WIB dan selanjutnya pukul 14.00 WIB. Anggota terbatas MPR Presiden Bambang Soesatyo mengatakan pembukaan sidang tahunan MPR akan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selain itu, diresmikan langsung oleh Presiden MPR. “Kita berangkat jam 9 pagi sebelum Presiden MPR membuka dan memperkenalkan rapat tahunan,” kata Bambang Kamis (14/8/2020) Usai pengenalan rapat tahunan oleh Presiden MPR.

Acara dilanjutkan dengan rapat gabungan DPR RI dan DPD RI serta pidato kenegaraan oleh Presiden Jokowi. Sidang tahunan MPR dan rapat gabungan DPR dan DPD dibuka oleh presiden DPR dan ditutup oleh presiden DPR, ”ujarnya. Pertemuan tahunan kali ini berbeda dari pertemuan sebelumnya karena berlangsung selama pandemi Covid-19.

Presiden Jokowi akan memberikan dua pidato kenegaraan. Selama ini Presiden menyampaikan tiga pidato di sidang tahunan sebelumnya. Sementara itu, Presiden Jokowi belum mengumumkan materi pidato yang akan dibacakan. Meski begitu, kata Bambang, pesan yang ingin ia sampaikan pada pertemuan tahunan kali ini merupakan pesan kebangsaan untuk membantu mengatasi pandemi Covid-19. Begini Jadwal Sidang Tahunan MPR 2020 “Saya berharap seluruh elemen bangsa tetap bersatu. Saling menguatkan. Meningkatkan rasa kebersamaan dan gotong royong kebangsaan sebagai implementasi nilai-nilai Pancasila, ”ujarnya.

Agenda akhir rapat tahunan akan dilanjutkan pada pukul 14.00 WIB. Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato usulan anggaran tahun anggaran 2021 dengan nota keuangan. Pidato Ketua DPR Puan Maharani akan mengawali rangkaian acara dan dilanjutkan dengan pidato Presiden yang berpuncak pada penyampaian UU APBN 2021 beserta nota keuangan dan dokumen pendukungnya kepada Presiden DPR RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *