Mengetahui Arti Dan Makna Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng tentu sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Apalagi bagi yang berdomisili di Pulau Jawa, hidangan ini hampir tidak pernah absen saat perayaan selamatan atau syukuran. Agustus Salah satu perayaan dimana nasi labu hampir selalu menjadi bagian dari program adalah perayaan pada tanggal 17 Agustus. Kompetisi dekorasi tumpeng hampir selalu berlangsung. Dr. Ari Prasetiyo, S.S., M.Sc., Guru Besar Sastra Jawa Universitas Indonesia menjelaskan arti nama tumpeng.

Akronim dengan arti yang menarik, ternyata penyebutan nasi tumpeng bukan sekadar nama. Tumpeng adalah akronim yang memiliki arti menarik. “Secara etimologis (cabang ilmu linguistik yang mempelajari asal mula kata) saya tidak bisa menemukan kata tumpeng,” kata Dr. Ari Prasetiyo, S.S., M.Si. “Hanya saja kita lihat dalam masyarakat Jawa bahwa kata ‘tumpeng’ merupakan akronim dari ungkapan ‘yen meTu kudu meMPENG’,” lanjutnya. Ungkapan ini berasal dari bahasa jawa dan bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia artinya, “kalau pergi pasti semangat banget”.

BACA JUGA  Resep Soto Mie Bogor Yang Segar Dan Menggugah Selera

Ari menuturkan, makna dari ungkapan tersebut adalah ketika orang dilahirkan harus menjalani kehidupannya di jalan Tuhan dengan semangat, percaya diri, fokus, dan tidak menyerah begitu saja. Juga, orang harus selalu percaya bahwa Tuhan selalu menyertai mereka. Arti Tujuh Jenis Lauk Tumpeng Tidak hanya namanya yang memiliki arti, lauk pauk yang biasanya terdiri dari tujuh jenis makanan ini juga memiliki arti tersendiri. Menurut Ari, nasi tumpeng biasanya memiliki tujuh lauk karena tujuh berarti pitu dalam bahasa Jawa. Kelenjar pituitari ini adalah kependekan dari “pitulungan” atau bantuan.

BACA JUGA  Resep Rumahan Sayur Lodeh Sarden Penggugah Selera

Lauk pauk nasi tumpeng biasanya terdiri dari apa saja di laut, darat dan udara. Rasanya pun beragam, ada yang asam, manis, dan pahit. Ragam rasa ini melambangkan kehidupan di dunia yang terkadang terasa pahit, manis, dan pahit. Tak hanya itu, warna nasi kuning atau putih pada tumpeng juga memiliki arti tersendiri. Menurut Ari, kuning adalah warna emas yang melambangkan kemegahan. Putih sekarang dikenal sebagai simbol kesucian.

Leave a Comment