Jangan Panik ! Ini Cara Menemukan Smartphone Android Yang Hilang

Jangan Panik ! Ini Cara Menemukan Smartphone Android Yang Hilang

Kehilangan ponsel bukanlah masalah mengenakan. Selain itu, ponsel merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Berbagi aktivitas bisa dilakukan hanya dengan satu tangan.
Banyak faktor yang menyebabkan hilangnya sebuah ponsel. Bisa jadi itu dicuri atau ditinggalkan di suatu tempat. Pasti bikin bingung pemiliknya.

Tapi jangan panik. Ada beberapa cara untuk melacak HP yang hilang terutama di perangkat Android. Di sini Anda bisa mengetahui cara melakukannya, seperti dilansir Cnet pada Sabtu (12 Mei 2020).

Fitur “Temukan perangkat saya”

Opsi pertama adalah menggunakan fitur Temukan Perangkat Saya. Dengan fitur ini, pengguna smartphone dapat melacak keberadaan perangkat mereka, menguncinya, dan menghapus data yang tersimpan dari jarak jauh.

Fungsi “Temukan perangkat saya” dapat diaktifkan dengan memilih “Temukan perangkat saya” di bawah “Pengaturan”, “Keamanan dan lokasi”. Namun, jika perangkat Anda yang hilang tidak memiliki Keamanan & Lokasi, Anda dapat membuka Google, masuk ke Keamanan, lalu pilih Temukan Perangkat Saya. Jangan lupa pastikan fitur Find My Device sudah aktif.

Temukan ponsel saya

Khusus untuk perangkat Samsung, selain menggunakan layanan dari Google, Anda juga dapat menggunakan fungsi “Find my phone” yang tersedia di perangkat ponsel asal Korea Selatan itu. Fitur ini bisa menjadi opsi backup yang bisa digunakan untuk melacak ponsel yang hilang

Misalnya, pengguna dapat menggunakan layanan ini di Samsung untuk memaksa pencadangan jarak jauh. Atau periksa untuk mengetahui apakah seseorang telah mengganti kartu SIM yang digunakan di perangkat. Hal ini tentunya sangat berguna jika handphone hilang karena dicuri.

Sangat mudah digunakan. Masuk ke pengaturan dan buka Biometrik & Keamanan. Kemudian pastikan Temukan Seluler Saya diaktifkan. Jika Anda masuk ke akun Samsung Anda selama penyetelan awal perangkat Anda, Find My Mobile seharusnya sudah diaktifkan secara otomatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *