Cara Atasi Rambut Rontok, Konsumsi Zat Besi hingga Kurangi Keramas

Cara Atasi Rambut Rontok, Konsumsi Zat Besi hingga Kurangi Keramas

Rambut Adalah mahkota wanita. Sehingga mereka merawat dengan baik dan menjaga rambut indah dan sehat.
Namun, faktor-faktor di luar kendali kita, seperti hormon, genetika, dan penyakit, dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan rusak, termasuk rambut rontok.

Untuk mengatasi masalah rambut rontok, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini. Tujuannya adalah agar rambut tumbuh kembali dengan sehat.

Berikut ini adalah daftar metode efektif untuk mengatasi kerontokan rambut seperti dilansir dari Everyday Health.

1. Ubah gaya rambut

Aksesori rambut seperti jepit dan karet gelang dapat dengan mudah menyebabkan rambut rontok jika kepangannya terlalu kencang. Para ahli menyarankan untuk meminimalkan penggunaan aksesori rambut. Pilih jepit rambut dari kain, jepitan dengan bantalan karet rambut, dan jepit rambut pengganti karet gelang.

2. Konsumsi lebih banyak zat besi

Kekurangan zat besi membuat rambut mudah rontok. Anda bisa makan kerang, tiram, sereal yang diperkaya zat besi, kacang-kacangan, biji labu, dan bayam. Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen zat besi, temui dokter Anda terlebih dahulu.

3. Jangan menyisir rambut secara berlebihan

Rambut Anda akan menjadi lebih tipis jika Anda menyisirnya secara berlebihan. Jangan terlalu sering menyisir rambut, apalagi jika masih basah setelah mandi.

4. Biarkan rambut mengering secara alami

Panas tinggi dari pengering rambut dapat merusak rambut dan membuatnya mudah patah. Menggosok rambut basah dengan handuk juga bisa menyebabkan rambut patah dan menipis. Batasi penggunaan alat penata gaya panas.

5. Konsumsi suplemen biotin

Biotin adalah vitamin B yang digunakan untuk mengurangi atau mencegah kerontokan rambut.

6. Konsumsi lebih banyak protein

Tingkatkan jumlah protein dalam makanan Anda dengan makan lebih banyak daging, telur, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

7. Kurangi keramas

Mencuci rambut setiap hari atau berulang kali ternyata bisa merusak rambut. Ini membuat rambut mudah patah dan tampak tipis. Rambut basah lebih elastis dibandingkan rambut kering dan lebih mudah patah saat digosok.

8. Beralih ke produk atau bahan yang lebih lembut

Produk rambut sintetis sehari-hari seperti gel dan hairspray dapat membuat rambut Anda kering dan mudah patah. Batasi penggunaan produk rambut Anda atau minta ahli perawatan rambut untuk merekomendasikan beberapa produk alami yang akan digunakan untuk merawat dan menata rambut Anda.

9. Potong rambut secara teratur

Potongan rambut biasa dapat membantu pertumbuhan rambut karena membuat rambut Anda sehat dan mencegahnya patah atau rontok.

10. Konsultasikan dengan dokter

Selain meninjau riwayat kesehatan dan gaya hidup Anda, dokter Anda akan membantu Anda mengidentifikasi penyebab rambut rontok. Jadi Anda bisa mengikuti langkah perawatan yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *