Lima Cara Mencegah Masalah Pencernaan

Seiring bertambahnya usia, masalah pencernaan seringkali tersembunyi pada banyak orang. Kabar baiknya, kondisi ini bisa diatasi melalui perubahan gaya hidup. Ini wajar, menurut ahli gastroenterologi di Klinik Cleveland, Maged Rizk, karena saluran pencernaan manusia juga menua seiring waktu. Selain itu, faktor lain seperti gaya hidup pasif atau penggunaan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Banyak obat – Ini dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan, termasuk sembelit, diare, sakit perut, mual, dan tukak berdarah.

BACA JUGA  Manfaat Konsumsi Ceker Ayam Untuk Kesehatan

Selain itu, gaya hidup pasif dan asupan cairan yang berkurang menjadi faktor utama penyebab masalah pencernaan seiring bertambahnya usia, terutama sembelit. “Sfingter yang lemah, gaya hidup pasif, dan sembelit kronis juga menyebabkan pembengkakan pembuluh darah di saluran pencernaan bagian bawah sehingga meningkatkan risiko wasir,” kata Rizk. Bagaimana Anda bisa mengatasi masalah tersebut? Untuk mengurangi risiko gangguan pencernaan, ada lima cara untuk melakukannya:

1. Makan makanan yang sehat
Pola makan yang tidak seimbang dapat menyebabkan kekurangan zat besi, vitamin B12, dan vitamin lain yang dapat menyebabkan masalah pencernaan. Untuk mencapai pola makan yang seimbang, kita dapat menempuh langkah-langkah sebagai berikut: Tingkatkan asupan serat dengan mengonsumsi sayur dan buah segar. Kurangi asupan garam Anda. Hindari makanan putih seperti roti, nasi dan kentang, banyak minum air putih, konsumsi berbagai protein seperti kacang-kacangan, ikan dan daging tanpa lemak.

BACA JUGA  Manfaat Tempe, Cegah Kanker Payudara Hingga Tekan Risiko Diabetes

2. Hindari makanan yang menyebabkan mulas atau asam lambung.
Bagi sebagian orang, produk susu dapat menyebabkan masalah pencernaan yang serius. Namun, beberapa sensitif terhadap gluten, sehingga mengkonsumsinya bisa menyebabkan sakit perut. Jadi kita perlu mencari tahu makanan apa yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada kita dan melakukan yang terbaik untuk menghindarinya. Kita juga bisa berkonsultasi ke dokter untuk mencari makanan yang menyebabkan gangguan pencernaan pada tubuh kita.

3. Periksa obat yang kita minum
Obat yang kita minum juga bisa menyebabkan masalah pencernaan. Oleh karena itu, kita perlu berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui efek samping dan alternatif pengganti obat yang kita konsumsi.

BACA JUGA  Selain Sebagai Rempah rempah, Buah Pala Juga Baik Untuk Kesehatan

4. Konsumsi probiotik
Suplemen probiotik yang mengandung bakteri menguntungkan “baik” memang dapat membantu mengatasi sembelit kronis. Probiotik juga tersedia dalam bentuk beberapa yogurt seperti yogurt, mentimun, atau tempe. Jadi, mengonsumsi produk ini juga bisa melancarkan pencernaan. Namun, jangan mengonsumsi probiotik saat Anda mengalami diare karena dapat memperburuk keadaan.

5. Olah Raga Aktif
Olah raga dan aktivitas fisik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan pencernaan. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, kita perlu berolahraga minimal 150 menit sehari.

BACA JUGA  15 Daftar Penderita Penyakit yang Tidak Layak Divaksin Covid-19

Leave a Comment