24 Orang Positif Covid-19 Setelah Kontak Dengan Anis Dan Riza Patria

24 Orang Positif Covid-19 Setelah Kontak Dengan Anis Dan Riza Patria

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta (Dinkes) menemukan ada 24 orang positif Covid-19 akibat kontak dengan Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria.
Meski demikian, Widyastuti, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, mengatakan, bukan berarti mereka tertular Anies dan Riza.

Hal itu berdasarkan pemeriksaan terhadap 158 kontak dekat Anies selama masa tracing pada 1 Desember dan pemeriksaan 279 kontak dekat Riza Patria alias Ariza selama periode 28 November hingga 1 Desember.

Berdasarkan penelusuran kontak dekat Anies, ditemukan 5 positif korona, 111 lainnya negatif, dan 42 orang masih menunggu hasil. Dalam pemeriksaan kontak dekat Ariza, hasilnya 19 positif, 185 negatif, dan 75 lainnya menunggu hasil.

“Kami tegaskan, mereka yang dipastikan positif berdasarkan hasil pelacakan kontak tidak mengidentifikasi sumber penularannya dari gubernur atau wakil gubernur,” kata Widyastuti dalam keterangannya, Rabu (2/12).

Sampai saat ini belum ada hasil kasus yang positif di antara mereka yang memperlambat interaksi dengan gubernur baik dari keluarga maupun tim kerja setelah gubernur dipastikan positif.
Bagi yang positif, kata dia, saat ini sedang dilakukan pemeriksaan lagi.

“Beberapa kasus ditemukan bahwa periode penularan sebelum berinteraksi dengan Gubernur dan merupakan bagian dari klaster keluarga masing-masing. Jadi kami mendata ada klaster terpisah yang ditemukan karena dilakukan tes masif di lingkungan kerja Gubernur dan Wakil Gubernur,” kata dia.

Selain itu, Widyastuti berharap masyarakat bisa menjangkau Puskesmas untuk tes usap PCR gratis jika melibatkan kontak dekat antara Anies dan Riza.
“Pemprov DKI Jakarta bertekad untuk mengendalikan wabah Covid-19 di DKI Jakarta melalui kegiatan testing, tracing, dan treatment secara masif,” katanya.
usai tes usap PCR pada Senin (30/11).

Sebelum Anies, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengumumkan positif terjangkit Covid-19. Riza dipastikan positif Covid-19 usai melakukan hasil tes usap PCR yang dilakukan pada Jumat (27/11) oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *