Sirkuit Mandalika Bakal Gelar Balap Motor World Superbike 2021

Sirkuit Mandalika Bakal Gelar Balap Motor World Superbike 2021

Sirkuit Mandalika Indonesia masuk dalam kalender interim balap motor Motul FIM World Superbike Championship (WorldSBK) musim 2021.
International Mobsport Federation FIM dan Dorna WorldSBK Organisation sebagai penyelenggara menerbitkan kalender interim untuk WorldSBK 2021 pada hari Senin.

Setelah Sirkuit Mandalika yang hanya menjadi tempat cadangan di MotoGP 2021, kini menjadi tuan rumah resmi seri WSBK ke-11 yang dijadwalkan pada 12-14 November 2021. Balapan di Indonesia akan berlangsung menjelang seri di Sirkuit Philip Island di Australia, yang belum selesai dengan pembahasan kontrak. .

Namun menurut penyelenggara, balapan motor di Sirkuit Mandalika hanya bisa berlangsung jika pembangunan sirkuit yang sedang dibangun sudah mendapat homologasi FIM.
Ricky Baheramsjah, CEO dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA), optimistis lintasan bisa selesai pada pertengahan tahun depan.

“Kami optimistis sirkuit dan homologasi bisa selesai pada pertengahan 2021.” Ricky mengucapkan pernyataan tertulisnya.
Chief Strategy and Communication Officer MGPA Happy Harinto menambahkan bahwa selain MotoGP, Dorna juga memiliki event WorldSBK yang saat ini sedang naik daun sebagai ajang balap motor komersial non pabrikan. Dorna memberi MGPA perintah pelaksanaan untuk MotoGP dan WorldSBK.

Sebanyak 12 sirkuit masuk dalam kalender tentatif WSBK 2021, namun masih ada satu seri terakhir atau seri ke-13 yang belum diumumkan.
Seri pembuka WSBK 2021 akan berlangsung di trek balap Belanda Assen dari tanggal 23 hingga 25 April.

Beberapa minggu kemudian WSBK akan dilanjutkan pada 7 dan 9 Mei di Sirkuit Estoril di Portugal. Namun, jalur ini masih harus menyelesaikan masalah kontrak musim depan. Selain itu, Portugal akan kembali menjadi tuan rumah seri kesembilan di sirkuit Arlgarve Partimao mulai 1 hingga 3 Oktober.

Italia, Inggris, Prancis, dan Spanyol akan menjadi negara Eropa berikutnya yang menjadi tuan rumah balapan hingga seri kesembilan. WSBK kemudian akan bertandang ke Amerika untuk melanjutkan seri kesepuluh di Sirkuit San Juan Argentina.

Berikut kalender provisional WSBK 2021:

1. Sirkuit Assen, Belanda: 23-25 April

2. Sirkuit Estoril, Portugal (STC): 7-9 Mei

3. Aragon, Spanyol: 21-23 Mei

4. Sirkuit Misano, San Marino: 11-13 Juni

5. Donington, Inggris: 2-4 Juli

6. Magny-Cours, Prancis: 3-5 September

7. Barcelona, Catalunya: 17-19 September

8. Sirkuit Jerez, Spanyol: 24-26 September

9. Sirkuit Algarve, Partimao, Portugal: 1-3 Oktober

10. San Juan, Argentina: 15-17 Oktober

11. Sirkuit Mandalika, Indonesia (subject to homologation): 12-14 November

12. Phillip Island, Australia (STC): tanggal menyusul

13. Akan segera diumumkan (TBA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *