Hari Ini Polisi Kerahkan 2.738 Personel Kawal Aksi 1 Desember Papua

Hari Ini Polisi Kerahkan 2.738 Personel Kawal Aksi 1 Desember Papua

Polda Papua Barat mengerahkan 2.738 orang hari ini dalam aksi Gerakan Pembebasan Papua pada 1 Desember untuk melindungi situasi keamanan.
“Saat ini 2.738 orang dipekerjakan oleh Polda Papua untuk menjaga situasi keamanan, yang tersebar di seluruh yurisdiksi Polda Papua Barat,” kata Humas Polda Papua Barat Adam Erwindi dalam keterangannya. pada Selasa (1/12).

Polisi mengatakan 1 Desember sering menjadi pendorong bagi sejumlah organisasi untuk merayakan dan melaksanakan aksinya.
Adam menegaskan, jika ada tindakan yang tidak sesuai aturan, polisi akan bubarkan. Meski Adam tidak merinci tindakan seperti apa yang akan dibubarkan.

“Nanti akan diselesaikan, kalaupun ada unsur pidana akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” ujarnya.
Ia mengimbau masyarakat wilayah Papua agar tidak mudah tertelan provokasi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Menurutnya, saat ini penting untuk menjaga situasi bersama agar aman dan kondusif.
Karena konsekuensinya harus diperhatikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, pungkasnya.

Juru Bicara (Jubir) Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom sendiri menyebut pihaknya bakal menggelar upacara peringatan di 33 markas Komando Daerah Pertahanan atau Kodap.

“Iya. Itu sudah dari dulu kami lakukan. Akan ada 33 Kodap melakukan upacara,” kata Sebby saat dihubungi melalui telepon, Senin (30/11).
Menurut Sebby, upacara tersebut sudah berlangsung selama 58 tahun. Biasanya acara diisi dengan kegiatan mengibarkan bendera Bintang Kejora, menyanyikan lagu kebangsaan Papua, dan berbagai kegiatan lainnya.

Secara terpisah, TNI mengatakan tidak ada ekspektasi khusus yang perlu disiapkan jelang aksi tersebut.
“Tidak ada antisipasi, biasa saja. Tidak ada persiapan khusus,” kata Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III Kolonel Czi IGN Suriastawa, Senin (30/11).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *