Berwisata Ke Taman Ujung Kulon Yang Kembali Dibuka Di Masa New Normal

Satu lagi Taman nasional (TN) yang dibuka kembali saat new normal, yakni Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) di Pandeglang, Banten. Ujung Kulon akan dibuka kembali secara resmi untuk semua wisatawan mulai Senin (12 Agustus 2020). Pengumuman pembukaan ini tertuang dalam surat edaran TNUK No. SE 16 / T.12 / TU / P3 / 08/2020 tentang kunjungan ke kawasan Taman Nasional Ujung Kulon saat terjadi pandemi Covid-19 (standar baru) Selasa (12/08/2020).

Pembukaan ini juga dikonfirmasi langsung oleh Kepala Balai Besar TNUK, Anggodo, yang mengatakan semua wisatawan dengan protokol kesehatan bisa kembali berkunjung. “Silahkan datang ke Taman Nasional Ujung Kulon. Kita punya protokol kunjungan yang ketat dan kita evaluasi dari hari ke hari,” kata Anggodo dalam pesan singkatnya, Selasa (11 Agustus 2020). Pengumuman tersebut, lanjutnya, juga dibagikan di media sosial TNUK seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan situs resmi Taman Nasional Ujung Kulon.

Surat tersebut ditulis berdasarkan SK Dirjen Konservasi dan Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) nomor SK.164 / KSDAE / PJLHK / KSA.3 / 8/2020 tentang Pengaktifan Kembali Taman Nasional Tahap II , Taman dan cagar alam wisata alam Satwa liar untuk kunjungan alam berada dalam transisi pada akhir Covid-19. “Kami menginformasikan kepada semua pihak yang berkepentingan bahwa kegiatan kunjungan di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon akan dibuka kembali mulai 10 Agustus 2020,” tulis surat yang ditandatangani Anggodo.

Wisatawan harus mematuhi protokol kunjungan. Selain itu, wisatawan juga diperbolehkan mengikuti protokoler untuk mengunjungi Taman Nasional Ujung Kulon. jadwal kunjungan selama pandemi Covid-19 dapat dilihat melalui tautan https://bit.ly/protokoltnuk. Wisatawan harus melihat dan mengunduh Protokol Wisata Kawasan TNUK dan kemudian mematuhinya.

Pembukaan kembali TNUK untuk kunjungan wisatawan juga dinilai berdasarkan pantauan setiap minggunya. Anggodo mengatakan pihaknya menunggu keputusan untuk tetap membuka TNUK bagi wisatawan. Jika ada kasus Covid-19 di sana, pihak sapu tak segan-segan menutup kawasan wisata TNUK kembali. “Dengan memutuskan untuk melanjutkan membuka kunjungan atau menutup kembali jika terjadi penularan Covid-19,” ujarnya. Sebelumnya, TNUK telah resmi ditutup sejak 18 Maret 2020 untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *