Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas via Online Dari Jasa Raharja

Masyarakat berhak mendapatkan santunan dari PT Jasa Raharja jika menjadi korban kecelakaan. Cara mendapatkan kompensasi ini cukup sederhana dan klaim dapat dilakukan secara online.
Untuk diketahui santunan diperoleh berdasarkan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang biasa dibayar pengguna kendaraan melalui pajak tahunan.

Besaran SWDKLLJ diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 36 Tahun 2008, termasuk sepeda motor dengan tarif 50 sampai 250 cc (Rp.). 32 ribu, motor di atas 250 cc Rp80 ribu dan mobil penumpang Rp 140 ribu.

Sedangkan besaran santunan bagi korban bermacam-macam bentuk mulai dari penggantian biaya ambulans mulai dari Rp. 500 ribu, biaya pertolongan pertama Rp 4 juta, biaya pemakaman Rp 4 juta dan pengobatan (maksimal) Rp 20 juta.

Santunan tertinggi akan dibayarkan kepada korban cacat tetap dan kematian masing-masing sebesar Rp50 juta.
Berikut ini adalah aplikasi untuk kecelakaan lalu lintas online:

Kita mengakses situs resmi Jasa Raharja dan memasukkan berbagai persyaratan yang diminta dan terdiri dari tiga tahap.

Pertama masukkan data diri korban kecelakaan seperti NIK, nama dan tanggal kecelakaan. Kemudian mereka juga diminta memasukkan detil lokasi kecelakaan.
Permintaan tersebut bisa dilakukan oleh korban atau orang terdekat. Jika permintaan dibuat oleh orang terdekat pada tahap kedua, mereka akan diminta untuk memasukkan data tentang hubungan dengan korban, nama dan nomor telepon.

Kedua, Anda akan ditanya nama lengkap dan alamat fasilitas kesehatan tempat korban dirawat setelah kecelakaan. Kita diminta menjelaskan kondisi korban saat ini dan kecelakaan yang dialaminya.
Pemohon juga diminta untuk mengunggah foto KTP, kuitansi asli rumah sakit, surat keterangan kesehatan dan surat keterangan waris.

Ketiga, pemohon diminta memberikan laporan polisi atas kecelakaan tersebut.
Jika dokumen sudah lengkap dan sah, semua akan diteliti dan proses pengajuan akan santunan akan dimulai.

Mengutip situs resmi Jasa Raharja, bagi korban meninggal dunia santunan akan diberikan kepada ahli waris antaranya janda atau duda sah, anak-anak yang sah, dan orang tua yang sah. Bila tak ada ahli waris santunan akan diberikan sebagai pengganti biaya penguburan kepada yang menyelenggarakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *