Turki Kirim Tentara ke Nagorno-Karabakh Pantau Gencatan Senjata

Turki Kirim Tentara ke Nagorno-Karabakh Pantau Gencatan Senjata

Kementerian Pertahanan Turki mengatakan akan mengirim pasukan ke wilayah Nagorno-Karabakh. Ankara mengatakan personel militer ini telah ditugaskan untuk mengawasi gencatan senjata di wilayah tersebut.

“Tentara Turki akan beroperasi selama satu tahun di pusat bersama dengan Rusia, yang akan mengawasi pelaksanaan gencatan senjata antara Armenia dan Azerbaijan,” kata kementerian itu.
Seperti yang dilaporkan Al Arabiya pada Senin (23 November 2020), kementerian tidak merinci kapan dan berapa banyak pasukan yang akan dikirim ke daerah yang disengketakan tersebut.

Pekan lalu parlemen Turki memberi izin kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan untuk mengirim pasukan ke Azerbaijan, sekutu dekat Ankara, untuk mengawasi gencatan senjata bersama dengan pasukan Rusia.

Penjaga perdamaian Rusia sudah ditempatkan di Nagorno-Karabakh dan akan tinggal di sana setidaknya selama lima tahun.
Pengerahan pasukan adalah bagian dari perjanjian gencatan senjata yang ditengahi Moskow antara Baku dan Yerevan yang ditandatangani pada 10 November.

Sementara itu, Prancis mengusulkan pembentukan pasukan penjaga perdamaian internasional agar gencatan senjata ini tidak hanya dipantau oleh angkatan bersenjata Rusia dan Turki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *