Syarat Bagi Guru PPPK Jika Ingin Masa Kontrak Sampai Usia Pensiun

Syarat Bagi Guru PPPK Jika Ingin Masa Kontrak Sampai Usia Pensiun

Pemerintah berencana merekrut 1 juta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk formasi guru pada 2021. Berbeda dengan pegawai negeri sipil (PNS), PPPK memiliki masa kerja tertentu berdasarkan kesepakatan.

Deputi bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen mengatakan, masa kontrak minimal PPPK untuk guru adalah satu tahun dan bisa diperpanjang. Padahal, menurutnya, masa kerja guru PPPK sangat mungkin diperpanjang hingga usia pensiun untuk jabatan guru. “Untuk pegawai PPPK yang terkena dampak bisa diangkat sampai batas umur,” ujarnya dalam jumpa pers virtual, Selasa (24/11/2020).

Suharmen mengatakan ada beberapa ketentuan yang membuat masa kontrak guru PPPK bisa diperpanjang. Pertama, pencapaian kinerja yang memadai. Kedua, diperluas karena ada kesesuaian kompetensi pada jabatannya. “Kalau kompetensinya tidak sesuai dengan bidang ini, tentu saja kontrak PPPK bisa diputus. Dan yang bersangkutan mengikuti kontrak jabatan lain, tapi setelah dilakukan seleksi,” ujarnya.

Ketiga, berdasarkan kebutuhan masing-masing instansi. Hal ini membuat analisis pekerjaan dan analisis beban kerja diperlukan untuk persiapan persyaratan PPPK. Akhirnya kontrak bisa diperpanjang dengan persetujuan PPPK atau pejabat pengembangan sumber daya manusia dalam hal ini gubernur, bupati, dan walikota, ”pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *