Ayo Mengenal Tanaman Hias Calathea Yang Dijuluki Tanaman Doa

Mengenal Tanaman Hias Calathea Yang Dijuluki Tanaman Doa

Setelah Monstera, Aglonema dan Caladium, sekarang giliran Calathea yang naik daun. Seperti tanaman hias lainnya, Calathea memiliki bentuk dan warna daun yang indah menghiasi sudut ruangan yang menghadap ke halaman.
Calathea memiliki ciri daun lebar dengan garis-garis dengan perpaduan warna yang bagus. Pola pada daun calathea tampak membentuk lukisan.

Sebagian besar spesies tanaman Calathea hanya memiliki daun berwarna hijau muda dan beraneka warna dengan warna berbeda, misalnya ungu, di bagian bawah daun.

Seperti dilansir The Sill, nama tanaman ini berasal dari gerakan daun yang dikenal dengan nyctinasty. Tanaman calathea memindahkan daunnya di malam hari dan menurunkannya sesuai dengan ritme sirkadian di siang hari.

Pergantian daun ini terjadi akibat perubahan tekanan air di sepanjang tangkai daun akibat pergerakan matahari untuk memaksimalkan penyerapan cahaya. Gerakan ini dianggap gerakan doa. Tak ayal, tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman doa.

Selain tanaman doa, berikut Ambius, di beberapa daerah Calathea juga dikenal sebagai tanaman katedral, tanaman merak, dan tanaman zebra.
Calathea adalah genus dari keluarga Marantaceae. Ada lusinan spesies dalam genus Calathea.

Beberapa yang paling populer adalah Calathea veitchiana ‘Medallion’ (Medallion Calathea), Calathea lancifolia (Rattlesnake Calathea), dan Calathea ornata (Pinstripe Calathea).
Calathea adalah tanaman hias dari Amerika tropis. Di daerah asalnya seperti Brazil, daun calathea banyak dimanfaatkan untuk kerajinan tangan seperti anyaman dan kemasan makanan.

Spesies dengan daun yang indah berkembang menjadi tanaman hias seperti Calathea veitchiana ‘Medallion’, Calathea lancifolia dan Calathea ornata.
Calathea membutuhkan sedikit cahaya untuk terus tumbuh. Oleh karena itu, Calathea banyak digunakan sebagai tanaman hias dalam ruangan.

Kata Kunci Populartanaman doa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *