4 Fakta Penerimaan CPNS 2021, 1 Juta Lowongan untuk Guru

4 Fakta Penerimaan CPNS 2021, 1 Juta Lowongan untuk Guru

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyatakan bakal membuka perekrutan bagi 1 juta tenaga guru pada 2021 mendatang. Hal ini bertujuan untuk menambah pasokan tenaga pendidikan di Tanah Air tersebut.

Terkait hal itu, Okezone sudah merangkum, Jakarta, Senin (23/11/2020).

1. CPNS dan PPPK

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo memberikan penjelasan terkait seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 untuk formasi tenaga guru.
Menurut dia, KemenpanRB akan membuka seleksi pada perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) untuk 1 juta formasi tenaga guru.
“Itu 1 juta formasi itu PPPK,” kata Tjahjo beberapa waktu lalu.

2. 1 Juta Lowongan Guru, Usulan dari Mendikbud

Tjahjo Sebut usulan perekrutan itu merupakan usulan dari Mendikbud Nadiem Makarim.
“Karena ini usulan pak Mendukbud Nadiem Makarim. Konstrenstasi penerimaan formasi CPNS maksudnya PPPK itu ke tenaga keguruan. Ditambah tenaga kesehatan dan teknis lainnya,” ujar dia di Komisi II DPR RI Jakarta.

3. Pendaftaran Dibuka Desember 2020

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menuturkan, untuk pembukaan CPNS di 2021 KemenpanRB masih tahap inventarisasi, ini belum semua juga diusulkan.
“Itu nanti di Desember 2020 paling lambat. PPPK juga Desember bulan depan,” tandas dia.

4. Tenaga Administrasi Akan Dipangkas

KemenpanRB akan mengurangi pengadaan tenaga administrasi. Hal ini dikarenakan tenaga administrasi saja banyak yang ditugaskan sebagai guru dan tenaga kesehatan.
“ASN kita yang 1,6 juta yang merupakan tenaga administrasi itu menjadi banyak dapat tugas sebagai guru dan tenaga kesehatan. Di mana kebutuhan guru, perawat, bidan, dan dokter baik di puskesmas pembantu, puskesmas di kecamatan, dan rumah sakit rujukan sangat kurang sekali,” jelas dia.

Sumber: Okezone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *