Benarkah BLT Gaji Guru Honorer Akan Diperpanjang hingga 2021?

Benarkah BLT Gaji Guru Honorer Akan Diperpanjang hingga 2021?

Pemerintah memberikan Bantuan Subsidi Upah (BSU) gaji guru honorer sebesar Rp. 1,8 juta. Bantuan ini berbeda dengan bantuan tunai langsung (BLT) Pekerja yang sebesar Rp 2,4 juta.
BLT Pekerja akan diperpanjang hingga 2021. Bagaimana dengan BLT untuk guru honorer?

Abdul Kahar, Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), mengatakan belum ada informasi bahwa BLT untuk guru honorer akan diperpanjang hingga 2021. Namun, bukan tidak mungkin memberikan dukungan untuk mengikuti program ekonomi National (PEN) lainnya.

“Kemungkinannya ya (akan diperpanjang), karena BSU merupakan salah satu bentuk program PEN,” kata Kahar kepada wartawan, Minggu (22 November 2020).
Menurutnya, semua tergantung kondisi masa depan pandemi COVID-19. Jika penyebaran virus masih tinggi dan perekonomian belum membaik, jenis dukungan ini akan diperluas.

“Ini salah satu bentuk dukungan dalam rangka pemulihan ekonomi. Diharapkan pada tahun 2021, sesuai ketentuan COVID-19, pandemi COVID-19 akan terkendali dengan baik dan perekonomian kita semakin membaik,” ujarnya.

Para Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) non PNS bisa mengetahui proses pencairan bantuan ini. Informasi tersebut dapat diperoleh dengan membuka info.gtk.kemdikbud.go.id atau pddikti.kemdikbud.go.id.

Berikut syarat dan mekanisme pencairan BSU Rp 1,8 juta Kemdikbud di info.gtk.kemdikbud.go.id:

A. Syarat penerima BSU Rp 1,8 juta Kemdikbud

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Berstatus non PNS

3. Tidak menerima bantuan subsidi upah/gaji dari Kemenaker sampai 1 Oktober 2020

4. Tidak menerima kartu prakerja sampai 1 Oktober 2020

5. Menerima penghasilan kurang dari Rp 5 juta per bulan

B. Mekanisme pencairan BSU Rp 1,8 juta Kemdikbud

1. Informasi pencairan di info.gtk.kemdikbud.go.id

Kemdikbud membuatkan rekening baru untuk setiap PTK non PNS yang menerima BSU dari pemerintah. Informasi status pencairan, rekening, dan lokasi bank penyalur bisa klik di info.gtk.kemdikbud.go.id atau pddikti.kemdikbud.go.id.

2. Dokumen yang perlu disiapkan

PTK non PNS penerima BSU Kemdikbud harus menyiapkan KTP, NPWP jika ada, surat keputusan penerima BSU yang dapat diunduh di Info GTK dan PD Dikti, dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang diunduh di Info GTK dan PD Dikti.

3. PTK non PNS mendatangi bank penyalur untuk melakukan aktivasi rekening dan menerima BSU

PTK membawa dokumen yang diperlukan untuk diperiksa petugas di bank penyalur. Batas waktu pengaktifan rekening BSU Kemdikbud bagi PTK non PNS adalah 30 Juni 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *