Cara Mudah Membuat Kaldu Ayam Pakai Sisa Tulang

Memiliki kaldu ayam di rumah kemungkinan merupakan kebutuhan yang penting. Kaldu ayam cair bisa dijadikan berbagai makanan enak karena rasanya yang kuat. Buat kamu yang banyak melakukan mpasi, kamu juga bisa menikmati kaldu ayam bikinan sendiri.
Mengolah kaldu ayam di rumah tidaklah sulit karena terbuat dari bahan yang sudah tersedia yaitu sisa-sisa tulang ayam dan aneka sayuran. Koki Eksekutif Groves Suites by Grand Aston, Agung Budiharto, menawarkan berbagai pilihan untuk membuat kaldu ayam atau kaldu ayam yang enak dan harum.

BACA JUGA  Fakta Dan Mitos Ayam Broiler vs Ayam Kampung, Mana yang Lebih Baik?

Rebus Tulang ayam
Tulang Ayam Kami rebus dulu untuk menghilangkan darahnya. Lalu kita cuci bersih,
Tulang ayam dipotong-potong lalu direbus sebentar dengan air mendidih. Jika kotoran dan darah yang menempel pada ayam sudah hilang dan mengambang di air mendidih, angkat ayam, bersihkan, dan sisihkan.Langkah ini juga bisa membuat kaldu yang akan Anda masak nanti lebih jernih.

Gunakan sayuran
Kemudian panaskan wajan baru yang bersih. Tuang sedikit minyak lalu tumis sayuran dengan minyak .
Agung merekomendasikan penggunaan bawang bombay, daun bawang, seledri, dan wortel yang dipotong kasar. Setelah ditumis sebentar, isi air secukupnya. Taruh saja tulang ayam yang sudah dimasak dan dicuci.

BACA JUGA  Tips Memasak Masakan Indonesia Sehat Berbahan Daging Sapi

Rebus perlahan
Masak Perlahan Langkah terakhir adalah memasak tulang ayam dan sayuran dengan api kecil. Dengan api kecil ini, ayam dan sayuran perlahan-lahan bisa melepaskan rasa yang sangat kuat. Proses kaldu ayamnya lumayan enak. Siapkan (kaldu ayam) sekitar 1 hingga 2 jam. baiknya adalah 4 jam. Jadi mendidih banget (masak dengan api kecil), nanti kuahnya enak sekali, ‚ÄĚtutup Agung. Setelah kaldu matang, matikan api dan saring tulang ayam dan sayuran agar kaldunya bening. Anda bisa menyimpan kaldu ini sebagai kaldu untuk dimasak keesokan harinya. Simpan kaldu dalam wadah kedap udara tertutup di lemari es untuk membantunya bertahan.

BACA JUGA  Resep Bistik Bola Ayam, Lezat Penggugah Selera di Akhir Pekan

Leave a Comment