Beberapa Cara Mudah Menjaga Kekuatan Otot Anda

Penting untuk memiliki otot yang kuat agar tubuh Anda terasa lebih bugar. Ada beberapa cara untuk menjaga kekuatan otot.
Otot yang sehat dan kuat bukanlah satu-satunya hal yang mencegah nyeri sendi. Selain itu, kesehatan otot juga berpengaruh pada kesehatan organ lain seperti jantung.

Berikut beberapa cara sederhana agar otot Anda tetap sehat, dengan mengandalkan berbagai sumber.

1. Latihan beban rutin
Sejak usia 40 tahun, tubuh manusia secara alami mulai kehilangan massa otot. Massa otot menghilang ketika kadar hormon testosteron menurun dan aktivitas fisik menurun seiring bertambahnya usia.
Tetap aktif untuk menghindari kehilangan massa otot seiring bertambahnya usia. Mengutip Very Well Fit, latihan kekuatan dua kali seminggu merupakan salah satu cara untuk menjaga kekuatan otot. Latihan kekuatan dapat melatih semua kelompok otot utama.

2. Tidur yang cukup
Tidur adalah saat tubuh pulih. Selama tidur, hormon testosteron, estrogen, dan hormon pertumbuhan manusia lainnya mulai memperbaiki diri. Untuk ini, penting bagi Anda untuk tidur nyenyak.
Tak hanya itu, relaksasi juga penting dalam menjaga kesehatan otot. Bayangkan jika stres berlebihan bisa memicu lonjakan hormon stres, yang bisa memicu ketegangan otot parah.

3. Batasi konsumsi alkohol
Konsumsi alkohol yang berlebihan merusak otot. Saat Anda mengonsumsi terlalu banyak alkohol, kadar estrogen dan testosteron meningkat, yang pada akhirnya menyebabkan tubuh kehilangan massa otot.

4. Asupan protein yang cukup
Asupan protein sangat penting untuk kekuatan otot. Satu studi menemukan bahwa menjaga asupan protein dapat membantu menjaga kekuatan otot. Mengutip Shape, protein menyediakan asam amino yang dibutuhkan tubuh sebagai penyusun untuk otot.
Sumber protein seperti ayam, telur, ikan, produk susu rendah lemak, kacang-kacangan, sayur mayur, dan biji-bijian harus selalu disertakan dalam makanan dan makanan ringan.

5. Makan lebih sedikit karbohidrat
Karbohidrat juga merupakan nutrisi penting yang dapat memberikan energi pada otot. Namun konsumsi karbohidrat yang berlebihan hanya menyebabkan tubuh menumpuk lemak.
Anda disarankan untuk mengonsumsi sekitar 15 hingga 25 gram karbohidrat setiap kali makan dan ngemil. Pilih juga karbohidrat rendah lemak seperti makanan berbahan dasar gandum.
Patuhi berbagai cara untuk menjaga kekuatan otot yang unggul agar tubuh lebih bugar dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *