7 Cara Menanam Dan Merawat Bunga Janda Bolong Bagi Pemula

7 Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Janda Bolong Bagi Pemula

Untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk, tidak jarang orang menambahkan tanaman hias sebagai dekorasi untuk ruangan tersebut. Ada banyak jenis tanaman hias yang digunakan untuk itu dimana salah satunya adalah bunga janda bolong. Dan jika anda sudah menggunakan bunga janda bolong sebagai dekorasi, dalam tulisan ini kami akan membahas cara merawat bunga janda bolong yang harus anda ketahui.

Bunga janda bolong memiliki nama latin Monstera Deliciosa yang berasal dari bagian selatan hutan tropis Meksiko. Salah satu alasan kenapa bunga ini memiliki nama latin Monstera adalah karena bunga ini memiliki daun yang cukup besar bahkan sampai seukuran telapak tangan orang dewasa.

Tanaman ini termasuk salah satu tanaman yang bisa merambat atau memanjat karena pada bagian batangnya terdapat akar. Akar inilah yang membuat tanaman ini bisa menempel dan bahkan bisa membantu menyerap air untuk pertumbuhannya.

Secara umum, cara merawat bunga janda bolong tidak jauh berbeda dari cara merawat tanaman hias yang lainnya. Bahkan dengan cara menanamnya pun tidak jauh berbeda dari cara menanam bunga aglaonema. Dan jika anda sudah tidak sabar, berikut 5 cara merawat bunga janda bolong yang harus anda ketahui:

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Alocasia Yang Sedang Tren

1. Suhu

Walaupun suhu di Indonesia tidak jauh berbeda dari suhu Meksiko, tempat asal bunga, bunga janda bolong tetap memerlukan perhatian khusus dalam masalah suhu ini. Jika tidak mendapatkan perhatian khusus, maka bisa saja bunga ini akan mengalami hambatan dalam pertumbuhannya.

Pada siang hari, tanaman hanya akan bertahan jika berada pada suhu antara 23oC sampai dengan 30oC. Lalu pada malam hari, bunga janda bolong harus berada pada suhu ruangan setidaknya 15oC. Jadi jika tanaman bunga janda bolong anda dirasa tidak tumbuh secara optimal, cobalah mulai memperhatikan suhu disekitar anda menanam bunga tersebut.

2. Sinar Matahari

Sinar matahari sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk hidup termasuk didalamnya tanaman bunga janda bolong. Walaupun banyak orang yang menanam bunga ini didalam pot dan meletakannya di dalam ruangan, pada dasarnya tanaman bunga ini tetap membutuhkan sinar matahari.

Ada beberapa tindakan yang bisa anda lakukan agar tanaman bunga ini tetap mendapatkan sinar matahari walaupun berada didalam ruangan: (baca juga: cara budidaya tanaman hias jenis euphorbia)

Anda meletakkan tanaman bunga ini tidak jauh dari jendela
Anda harus memindahkan pot tanaman tersebut ke beberapa tempat yang terkena sinar matahari. Cara ini tentu saja lebih merepotkan jika dibandingkan dengan cara pertama karena anda diharuskan memindahkan pot beberapa kali dalam satu waktu.

Baca juga: Mengenal Monstera Yang Viral, Tanaman Hias Kekinian Berdaun Unik

3. Tanah

Cara merawat bunga janda bolong selanjutnya tidak jauh berbeda dari merawat bunga lainnya seperti pada cara merawat bunga gantung ataupun pada cara menanam bunga krisan yaitu dengan cara memperhatikan tanah sebagai media tanamnya.

Tanah adalah hal yang sangat penting bagi tanaman untuk tumbuh. Karena dari sanalah tanaman dapat memenuhi kebutuhan air dan mineralnya sehingga jika tanah yang digunakan tidak dakam kondisi baik sudah dapat dipastikan tanaman tidak akan tumbuh dengan baik.

Untuk menjaga itu, yang harus anda lakukan adalah mencampur tanah dengan pasir dan juga kompos dengan perbandingan 1:1:1 .

4. Bibit

Bunga janda bolong termasuk jenis bunga yang diperbanyak dengan cara stek. Jadi, jika anda menginginkan bunga janda bolong, pastikan anda mengambil batang untuk bibit stek dari indukan bunga janda bolong yang sehat dan berkualitas baik. Jangan pernah mencoba menggunakan bibit tanpa anda ketahui dari mana bibit tersebut berasal.

Baca juga: Berikut 5 Jenis Tanaman Hias Caladium Yang Sedang Digandrungi

5. Penyiraman

Seperti sudah disinggung diawal, pada dasarnya cara merawat bunga janda bolong tidak jauh berbeda dari cara merawat bunga lainnya. Salah satu cara perawatan tersebut adalah dengan melakukan penyiraman dengan rutin.

Penyiraman yang disarankan untuk perawatan adalah dilakukan dua kali dalam satu hari. Yaitu pada pagi hari dan juga sore hari. Sangat tidak disarankan untuk menyiram tanaman pada saat siang hari karena dapat mengganggu proses fotosintesis yang sedang dilakukan tanaman. (baca juga: cara menanam bunga bambu air)

6. Pupuk

Selain memperhatikan keadaan tanah, memberikan pupuk merupakan hal yang harus dilakukan dalam perawatan bunga janda bolong ini.Pupuk inilah yang membuat tanaman tumbuh semakin subur dan berbunga semakin cantik. Pupuk biasanya diberikan pada tanaman saat awal-awal penanaman sebagai pupuk dasar dan juga pada saat tanaman sudah besar sebagai pupuk lanjutan.

Selain menjadikan tanaman subur, pupuk juga dapat membuat tanaman sehat sehingga mampu menangkal berbagai jenis penyakit yang bisa menyerang kapan saja.

Baca juga: Pengenalan Dan Cara Perawatan Tanaman Aglonema

7. Gulma

Perawatan terakhir yang bisa anda lakukan agar tanaman bunga janda bolong anda tumbuh secara maksimal adalah dengan memperhatikan keadaan sekitarnya. Pastikan disekitar tanaman bunga janda bolong anda tidak ada gulma. Gulma sangat berbahaya bagi tanaman anda karena mereka dapat menyerap air serta nutrisi yang seharusnya diserap oleh tanaman anda.

Selain itu, gulma juga merupakan tempat dimana bibit-bibit penyakit dan hama biasa bersembunyi. Jadi, jika anda ingin agar tanaman janda bolong anda sehat, cabut dengan segera gulma-gulma atau rumput liar yang tumbuh disekitarnya.

Itulah 7 cara merawat bunga janda bolong yang harus anda ketahui agar tanaman bunga janda bolong anda terawat, tumbuh, dan menghasilkan bunga yang cantik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Sumber: Ilmubudidaya.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *