Beberapa Fakta Menarik Usai Joan Mir Raih Juara Dunia MotoGP 2020

Beberapa Fakta Menarik Usai Joan Mir Raih Juara Dunia MotoGP 2020

Pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir mengonfirmasi gelar Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 usai menyelesaikan balapan di MotoGP Valencia 2020 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo pada Minggu 15 November 2020.

Faktanya, Mir tidak menangkan balapan ini. Dia hanya finis ketujuh setelah memulai balapan dari posisi kedua belas. Tambahan Sembilan poin tidak memungkinkan dikejar oleh pembalap lain hingga akhir musim balap 2020.
Kini Mir berada di puncak peringkat dengan 171 poin. Pembalap Spanyol itu memimpin atas Franco Morbidelli, pemenang MotoGP di Valencia, yang berada di urutan kedua dengan 142 poin.

Ada sejumlah fakta menarik yang kami catat usai joan mir menjuarai MotoGP 2020. Berikut adalah ringkasan yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Joan Mir adalah pembalap Suzuki pertama yang menjadi juara MotoGP dalam 20 tahun. Pembalap terakhir yang mengklaim gelar dunia MotoGP untuk Suzuki adalah Kenny Roberts Jr. di musim 2000.

2. Musim ini Mir tampil konsisten. Dia berhasil 7 kali naik podium dalam 13 balapan.Kemenangan pertama diraih Mir pada pekan lalu, saat menjuarai MotoGP Eropa .

3. Ini adalah gelar MotoGP pertama dalam karir Joan Mir yang kini berusia 23 tahun. Secara keseluruhan, ini adalah gelar kedua dalam karir Joan Mir. Sebelumnya, dia adalah Juara Dunia Moto3 2017.

4. Joan Mir juara meski hanya menang sekali. Alasannya adalah ketekunan yang ditunjukkannya. Berbeda dengan Fabio Quartararo yang sukses meraih tiga kemenangan terbanyak dari semua pebalap MotoGP sebelumnya.

5. Joan Mir adalah pembalap pertama yang memenangkan Moto3 dan MotoGP. Joan Mir sebelumnya adalah juara Moto3 2017. Pada saat itu, setelah 18 balapan, Mir mengumpulkan 341 poin, unggul 93 poin dari Romano Fenati di tempat kedua.

6. Joan Mir adalah pembalap Spanyol pertama yang memenangkan kelas MotoGP bersama Suzuki. Makanya, prestasi Joan Mir di MotoGP 2020 dinilai mengerikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *